Game Virtual Reality Turn-Based untuk Pelatihan Permainan Tradisional Benthik
dc.contributor.author | Setiawan, Abas | |
dc.contributor.author | Nugraha, Alvin Satria | |
dc.contributor.author | Haryanto, Hanny | |
dc.contributor.author | Gamayanto, Indra | |
dc.date.accessioned | 2018-05-29T05:26:22Z | |
dc.date.available | 2018-05-29T05:26:22Z | |
dc.date.issued | 2018-04 | |
dc.identifier.citation | [1] M. Algiffari, “Perancangan Motion Graphic ( Bumper In ) dan Video Dokumenter Permainan Tradisional Jawa Barat,” J. Sketsa, vol. 2, no. 1, pp. 49–61, 2015. [2] J. D. N. Dionisio and W. G. B. Iii, “3D Virtual Worlds and the Metaverse : Current Status and Future Possibilities,” ACM Comput. Surv., vol. 45, no. July, p. 34:1--34:38, 2013. [3] J.-B. Barreau, R. Gaugne, Y. Bernard, G. Le Cloirec, and V. Gouranton, “Virtual reality tools for the west digital conservatory of archaeological heritage,” in Proceedings of the 2014 Virtual Reality International Conference on - VRIC ’14, 2014, pp. 1–4. [4] S. Beer, “Digital Heritage Museums and Virtual Museums,” in Proceedings of the 2015 Virtual Reality International Conference on ZZZ - VRIC ’15, 2015, pp. 1–4. [5] B. Tan, Y. Cai, Y. Zhang, X. Wu, Y. Chen, and B. Yang, “Virtual reality continuum for heritage at Haw Par Villa in Singapore,” in Proceedings of the Symposium on VR Culture and Heritage - VRCAI ’16, 2016, pp. 71–74. [6] G. Ahlberg et al., “Proficiency-based virtual reality training significantly reduces the error rate for residents during their first 10 laparoscopic cholecystectomies,” Am. J. Surg., vol. 193, no. 6, pp. 797–804, 2007. [7] D. Antônio O and C.A. Martin, “New concept of dynamic flight simulator, Part I,” Aerosp. Sci. Technol., vol. 30, no. 1, pp. 79–82, Oct. 2013. [8] A. Setiawan, A. Satria Nugraha, H. Haryanto, and I. Gamayanto, “Benthix VR: a Virtual Reality Simulation Application to Preserve a Traditional Benthik Game,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 8, no. 2013, pp. 183–189, 2017. [9] V. Tanriverdi and R. J. K. Jacob, “VRID: a design model and methodology for developing virtual reality interfaces,” in VRST ’01: Proceedings of the ACM symposium on Virtual Reality Software and Technology, 2001, pp. 175–182. [10] S. Pratama, “Perancagan mainan adaptasi dari permainan tradisonal gatrik,” Universitas Komputer Indonesia Bandung, 2012. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9849 | |
dc.description.abstract | Indonesia memiliki berbagai jenis permainan tradisional daerah. Umumnya, di dalam permainan tradisional, anak-anak dituntut untuk melakukan gerak kinestetik tubuh dan interaksi sosial sehingga bermanfaat terhadap tumbuh kembang psikologis anak-anak. Permainan tradisional yang pernah sangat popular di Indonesia adalah Benthik atau disebut juga Patok Lele atau Gatrik, yang sekarang sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, terutama di daerah perkotaan. Membuat Benthik menjadi game digital merupakan salah satu solusi supaya permainan tersebut kembali dimainkan dan tidak punah, namun game digital yang berbasis pada perangkat mobile ataupun dekstop biasanya tidak dapat mensimulasikan keadaan nyata jika konten game tersebut diambil dari permainan nyata. Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna masuk di dalam dunia digital atau virtual menggunakan simulasi lingkungan imersif 3D yang muncul secara nyata dan langsung. Lingkungan imersif 3D yang berada di dunia virtual memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan interaksi langsung dengan objek virtual dengan suatu gerakan nyata. Dalam penelitian ini, lingkungan imersif akan dibentuk dengan VR dan model permainan Turn Based yang menyesuaikan dengan model permainan Benthik yang bergiliran. Model Turn Based ini juga digunakan untuk memberikan elemen strategi dalam permainan. Hasil dari penelitian ini adalah game digital untuk permainan Benthik menggunakan VR sebagai lingkungan virtualnya dengan model permainan Turn-Based. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional GEOTIK 2018 | id_ID |
dc.subject | virtual reality | id_ID |
dc.subject | game | id_ID |
dc.subject | tradisional | id_ID |
dc.subject | imersif | id_ID |
dc.subject | turn-based | id_ID |
dc.title | Game Virtual Reality Turn-Based untuk Pelatihan Permainan Tradisional Benthik | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional GEOTIK 2018
Literasi Digital untuk Pendidikan Aman Berkelanjutan