• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Langkah Penelitian Geografi di Kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (297.9Kb)
    Date
    2018-04
    Author
    Rahmawat, Erna Mardliyana
    Muryani, Chatarina
    Sarwono, S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah; (2) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo; (3) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Ceramah; (4) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah pada materi langkah penelitian geografi siswa kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengujian validitas menggunakan validitas isi dan validitas butir soal untuk megukur daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Pada pengujian normalitas mengguanakan metode liliefors, sedangkan pengujian analisis data menggunakan anava satu jalan (one way anava). Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah; (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo (kedua model sama-sama efektif); (3) Hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan ceramah; (4) Hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-learning berbasis Edmodo lebih baik dibandingkan dengan ceramah pada materi langkah penelitian geografi siswa kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9872
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV