dc.contributor.author | Rahmawat, Erna Mardliyana | |
dc.contributor.author | Muryani, Chatarina | |
dc.contributor.author | Sarwono, S | |
dc.date.accessioned | 2018-05-30T03:46:08Z | |
dc.date.available | 2018-05-30T03:46:08Z | |
dc.date.issued | 2018-04 | |
dc.identifier.citation | [1] A. W. Chickering and Z. F. Gamson. 1999. Development and Adaptations of the seven principles for good practice in undergraduate education. John wiley & sons, Inc. [2] Suhana, Cucu. 2014. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama. [3] Elaine B. Johnson. 2014.Contextual Teaching and Learning (CTL). Terj.A Chaedar Alwasilah. Kaifa Learning. Bandung. [4] Sears, Susan. 2003. Introduction to contextual teaching and learning. Bloomington Indiana: The Phi Delta Kappa Educational Foundation. [5] Hudson, C.C. & whisler, V.R. Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Volume 6 (4), 54-58. ISSN:1690-4524. [6] Casey Stroud. (2010). A white paper. EDUC 651: connecting technology & curriculum edmodo. Winthrop University. [7] Tim Pengembang. (2013). Buku sumber simulasi digital versi September 2013. Jakarta: SEAMOLEC. [8] Monalisa & Ardi, Havid. (2013). Using “edmodo” educational social network in teaching English for high school students. Journal of English language, 2, (221). [9] Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta. [10] Budiyono, & Suyono (Ed.). 2015. Pengantar Metode Statistik Multivariat. Surakarta: UNS Press. [11] Nur Amalia. (2013). Incorporating Technology in Primary Classrooms: Personalised Learning Caters for Students’ Success. In International Seminar on Primary Education (ISPE) (pp. 155–161). | id_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9872 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah; (2) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo; (3) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Ceramah; (4) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah pada materi langkah penelitian geografi siswa kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengujian validitas menggunakan validitas isi dan validitas butir soal untuk megukur daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Pada pengujian normalitas mengguanakan metode liliefors, sedangkan pengujian analisis data menggunakan anava satu jalan (one way anava). Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah; (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo (kedua model sama-sama efektif); (3) Hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan ceramah; (4) Hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-learning berbasis Edmodo lebih baik dibandingkan dengan ceramah pada materi langkah penelitian geografi siswa kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional GEOTIK 2018 | id_ID |
dc.subject | Model Pembelajaran CTL | id_ID |
dc.subject | E-learning Berbasis Edmodo | id_ID |
dc.subject | Hasil Belajar Geografi Materi Langkah Penelitian Geografi | id_ID |
dc.title | Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Langkah Penelitian Geografi di Kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |