Show simple item record

dc.contributor.authorMarkhamah, M
dc.date.accessioned2018-06-02T01:34:07Z
dc.date.available2018-06-02T01:34:07Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationKusuma, Ersanghono dan Kusoro Siadi. 2010. “Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Life Skill Mahasiwa.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol . 4, No.1. Hlm 544-551 Markhamah, 2013. Sintaksis 2: Keselarasan Fungsi, Kategori, dan Peran dalam Klausa. Muhammadiyah Universitay Press. Markhamah, 2015. Strategi Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian. Disampaikan dalam Workshop Penulisan Buku Ajar bagi Dosen Kopertis VI Angkatan I 21-23 September 2015 di Kopertis Wilayah VI Semarang. Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, Johny Saldana. 2015. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. London: Sage. Prasetyanti, Retnayu. 2017. “Generasi Millennial Dan Inovasi Jejaring Demokrasi Teman Ahok” . Jurnal Polinter Prodi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta. Vol. 3 No. 1 (Maret-Agus stus 2017). Hal 44-52. Diakses 9 April 2018. Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, Nevy Farista Aristin.2016. “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z” . Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS | Vol.1 No.1 April 2016 P ISSN 2503 – 1201 & E ISSN 2503 – 534. Hal 70-78. Diakses 9 Appril 2018 Ramdani, Yani. 2012. “Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13 No. 1, April 2012. http://jurnal.upi.edu/file/6-yani_ramdhana-edi.pdf. Hal. 44-52. (diakses tanggal 26 Maret 2018 pukul 21.08). Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Analisis secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press Wahono, Heru Dwi. 2015. “Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Millennial Dan Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu (Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta)”. Jurnal Ketahanan Nasional. NOMOR XXI (1). April 2015. Halaman 14-22. Diakses 9 April 2018. Winastiti Agnes. 2016. “Generasi Millenial dan Karakteristiknya”. Edukasi Selasa, 23/08/2016 https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20160823145217-445-153268/generasi-millenial-dan-karakteristiknya/diakses 9 April 2018 pukul 20.20 Zakiyah, Millatus, Suyono, Roekhan, 2011. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Di Sma/Ma Kelas XI”. jurnal-online.um.ac.id/data/.../artikel7FCEEE9CC1FAF56E9B661B2F44619E45.pdf Email: HAL 1-9 (diakses tanggal 26 Maret 2018 pukul 21.08). https://uin-suska.ac.id/2017/10/27/kebutuhan-dakwah-generasi-millennial/ Diakes 9 April 2018id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9878
dc.description.abstractAl-An'aam (6): 151: pembelajaran bersikap sopan dalam ucapan dan perbuatan kepada kedua orang tua Teks Ayat: قُلْ تَعَالَوْاْ أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلاَّ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئاً وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَلاَ تَقْتُلُواْ أَوْلاَدَكُم مِّنْ إمْلاَقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ وَلاَ تَقْرَبُواْ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَلاَ تَقْتُلُواْ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ ه اللُّ إِلاَّ بِالْحَقِّ ذَلِكُمْ وَ صَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ . Terjemahan: Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapak, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang tampak diantaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu supaya kamu memahaminya. QS Al-An'aam (6): 151 ini sangat relevan dengan pembelajaran. Pada awal ayat itu dinyatakan, Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, ....”. Kutipan ayat itu menuntun kita untuk belajar dari apa yang dibacakan. Apa yang dibacakan itu berkenaan dengan hal yang diharamkan oleh Allah. Hal yang diharamkan oleh Allah itu adalah mempersekutukan Allah, membunuh anak karena takut miskin, mendekatati (melakukan) perbuatan keji, dan dilarang membunuh jiwa yang diharamkan untuk dibunuh, kecuali dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain larangan, ada ayat itu terdapat perintah, yakni perintah untuk berbuat baik kepada ibu dan bapak. Apa yang dibacakan itu merupakan pelajaran yang harus dipelelajari. Apa yang harus dipelajari itu adalah materi dalam pembelajaran. Materi dalam pembelajaran berupa pesan yang harus dipahami oleh orang yang sedang belajar. Materi dalam pembelajaran dapat bersumber dari berbagai sumber. Salah satu sumber yang bisa digunakan dalam pembelajaran adalah teks terjemahan Alquran (TTA). Kita bisa mempelajari isi teks itu. Jika kita mempelajari isi teks itu berarti kita menggunakan TTA itu sebagai materi ajar secara langsung. Di samping kita mempelajari isi TTA itu sebagai materi ajar secara langsung, kita bisa juga memanfaatkan TTA dari segi bahasanya.
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titlePengembangan Bahan Ajar untuk Generasi Milenial Bersumber dari Teks Terjemahan Alquranid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record