dc.contributor.author | Rahmawati, Laili Etika | |
dc.contributor.author | Gajewski, Dawid Michał | |
dc.date.accessioned | 2018-06-02T04:17:36Z | |
dc.date.available | 2018-06-02T04:17:36Z | |
dc.date.issued | 2018-04 | |
dc.identifier.citation | Brown, H. D. (2004). Language Assesment, Principles and Classroom Practice. San Fransisco: Longman. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. (2016). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hughes, A. (1996). Testing for Language Teachers. Melbourne: Cambridge University Press. Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nitko, A. J. (2011). Educational Assesment of Students. Boston: Pearson. Nurbaya, St. (2014). Bakat Bahasa dan tes Bakat Bahasa Cara Memprediksi Bakat Bahasa Pembelajar Bahasa Asing. Prosiding Seminar Internasional PIBSI XXXVI 11-12 Oktober 2014 halaman 981-986. Westwood, Peter. (2008). What Teachers need to know about Teaching Methods. Victoria Australia: Acer Press. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2621-1661 | |
dc.identifier.issn | 2621-1661 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9904 | |
dc.description.abstract | Makalah ini bertujuan untuk mengeksplanasikan urgensi penilaian dalam pembelajaran BIPA. Metode yang diterapkan dalam penyusunan makalah ini adalah metode penelitian deskriptif eksplanatif yang dilakukan dengan teknik studi pustaka, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dalam pembelajaran BIPA merupakan unsur yang sangat penting dalam pengelolaan kursus BIPA. Dengan adanya penilaian BIPA yang dilakukan dengan menerapkan sebelas prinsip penilaian, yaitu: (1) terpadu, (2) komprehensif, (3) berkesinambungan, (4) objektif, (5) relevan, (6) teratur, (7) valid, (8) mendidik, (9) berorientasi pada perkembangan pembelajar, (10) terbuka, dan (11) bermakna, dapat meningkatkan motivasi pembelajar BIPA untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditentukan. Penilaian dalam pembelajaran BIPA merupakan sarana yang paling efektif untuk mengukur tingkat pencapaian penguasaan bahasa Indonesia penutur asing yang sedang dan/ atau telah selesai mengikuti program kursus BIPA. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018 | id_ID |
dc.title | Urgensi Penilaian dalam Pembelajaran BIPA | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |