Analisis Altman Z-Score untuk Memprediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi di Indonesia
View/ Open
Date
2018-05Author
Noviandani, Nurul
Putri, Mirza Safitri Agatha
Ardhina, Biggy Yustari
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebangkrutan perusahaan
dengan menggunakan model Altman Z-Score pada perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model ZScore
tersebut dapat diimplementasikan dalam mendeteksi potensi serta
kemungkinan terjadinya kebangkrutan pada perusahaan, khususnya dalam penelitian
ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor barang konsumsi dan kostmetik. Model
Z-Score Altman tersebut mengelompokkan perusahaan pada tiga kategori yaitu
sehat, rawan bangkrut, dan bangkrut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
adapun saran untuk perusahaan yang masuk dalam dikategorikan rawan bangkrut,
perusahaan berusaha untuk terus meningkatkan kinerja keuangan dan berusaha
memanfaatkan aset yang dimilikinya dengan sebaik – baiknya untuk meraih
keuntungan yang sebesar – besarnya. Sedangkan perusahaan yang dalam kondisi
sehat harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya utamanya
penjualan sehingga laba yang dihasilkan akan lebih besar sehingga potensi financial
distress pada perusahaan dapat diminimalisir.