dc.contributor.author | Fauzi, F | |
dc.date.accessioned | 2018-06-04T01:45:53Z | |
dc.date.available | 2018-06-04T01:45:53Z | |
dc.date.issued | 2018-04 | |
dc.identifier.citation | Budinigsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta. Buzan Toni. 2012. The Power Of Social Intelligence: 10 Ways to Tap Into Your Social Genius. HarperCollins UK. Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Maping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum. Martini, R. 1994. Myelin‐Associated Glycoprotein Is Not Detectable In Perikaryal Myelin Of Spiral Ganglion Neurons Of Adult Mice. Glia, 10(4), 311–314. Ndraha, T. 1997. BudayaOrganisasi. Jakarta: RinekaCipta. Semi, E. T. 2007. Jacques Faitlovitch and the Jews of Ethiopia. Mitchell Vallentine dan Company. Suguyono. Penelitian Penidikan Pendekatan Kualitatif, Kuntitatif R dan D. Bandung: Alfarabi. Tarigan . 2000. Penjas Adaptif. Jakarta: Depdikbud. Tarigan. 1992. Saridental Material. Jakarta: Balai Pustaka | id_ID |
dc.identifier.issn | 2621-1661 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9915 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektian penggunaan model pembelajaran peta knsep dan discoery learnig dalam pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP N 4 Sungguminasa Kabupaten gowa.
Penelitianiniberjeniseksperimen yang menggunakan desain penelitaanthe nonequivalent pretest- posttest control grup design.Desain penelitian ini terdiri dari dua kelommpok yaitu kelompak kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari siswa kelas VII SMP N 4 Sungguminasa Gowa yang berjumlah 385 siswa yang terdiri dari 12 kelas. sedangkan jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang diambil dari dua kelas dengan Teknik pengambilan sampel Simpel Random Samplingyaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut dimanajumlah populasi bersifat homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai hasil belajar menulis teks deskriptif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model peta konsep dengan nilai rata rata 91, sementara nilai rata rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learnig adalah 70. Dari perolehan nilai tersebutjika dilihat dari kriteria keefektifanmaka nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dikategorikan sangat efektif karna berada dalam interfal nilai 90- 100. sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol berada pada kategori cukup efektif karena berda pada rentang nilai 60-74. Dari data nilai rata- rata hasil belajar siswa tersebut dapat diseimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dalam penelitian ini lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP 4 sungguminasa Kabupaten gowa. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018 | id_ID |
dc.title | Keefektifan Penerapan Model Peta Konsep dan Discovery Innquiri Learnig dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP N 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |