Show simple item record

dc.contributor.authorPratiwi, Dini Restiyanti
dc.contributor.authorKusmanto, Hari
dc.date.accessioned2018-06-04T01:53:26Z
dc.date.available2018-06-04T01:53:26Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationIskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda karya. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Purwianingsih, widi. Nuryani Y. Rustaman dan Sri Redjeki. 2010. “Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru”. Jurnal Pengajaran MIPA. 15(2): 87-94. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. S Chrysti, Kartika. 2015. “Diskripsi Pedagogical Contein Knowledge Calon Guru SD pada Pembelajaran IPA”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. 125-132. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9916
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pedagogical knowledge (PK) mahasiswa calon guru bahasa Indonesia FKIP UMS pada mata kuliah workshop silabus dan RPP tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah metode dan langkah-langkah pembelajaran yang dipilih mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dalam menyusun RPP kurikulum 2013 tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, yaitu berupa RPP yang disusun oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMS pada saat menempuh mata kuliah workshop Silabus dan RPP tahun pelajaran 207/2018. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran yang paling banyak dipilih mahasiswa calon guru adalah metode diskusi, tanya jawab, dan penugasan dengan presentase 46,1%. Adapun metode jigsaw 7,7%, metode peer teaching 7,7%, dan metode the power of two 7,7%. Selain itu, terdapat pemilihan metode yang kurang sesuai digunakan dalam komponen metode dan strategi pembelajaran, yaitu model pembelajaran discovery Learning 15,4% dan model inquiry 15,4%. Berdasarkan pemilihan metode yang digunakan dalam komponen metode/ strategi pembelajaran dalam RPP diketahui masih cukup banyak ketidaksesuai penerannya dalam langkah-langkah pembelajaran. Ngalim, A., Basri, M. M., & Sabardila, A. (2017). Comparison of Personal Pronoun between Arabic and Its Indonesian Translation of Koran. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 6(5), 238–254. Purworini, D. (2017). Strategi Perusahaan Dalam Merespon Dugaan Pelanggaran Hukum : Analisis Kualitatif Strategi Perbaikan Image Pada Kasus Beras “MAKNYUSS.” In Kolase Komunikasi di Indonesia (pp. 21–36). ASPIKOM dan Buku Litera Yogyakarta. Syah, M. F. J. (2014). PERAN TEACHER’S WORK ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD PUBLIC GOVERNANCE TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA/MA NEGERI DI KOTA SALATIGA, KABUPATEN SEMARANG DAN KOTA SEMARANG. Journal of Economic Education, 3(1).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titlePedagogical Knowledge (PK) Calon Guru Bahasa Indonesia pada Mata Kuliah Workshop Silabus dan RPPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record