Show simple item record

dc.contributor.authorViveria C, Etty
dc.contributor.authorRochayati, Bekti
dc.date.accessioned2018-06-04T07:45:13Z
dc.date.available2018-06-04T07:45:13Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationDepdiknas. .2007. Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2007 tentang Perancangan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. _________ 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan kontekstual. Jakarta : Dharma Bhakti. __________2006. Panduan Pengembangan Silabus. Jakarta: CV Timur Putra Mandiri Faturrohman, Pupuh, Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama. Hanafi, Moh., Siti Soeprihatin, Ade Husnul. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia 3.. Jakarta : Intermasa. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. Sambas, Asep,Indrawati,Ani Arlina Kholid. 2006. Pelajaran Bahasa & Sastra Indonesia 3. Jakarta: PT Perca. Slavin, 2008. Cooperatif Learning. Bandung : Remaja Rosdakarya. Suwandi, Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan karya Ilmiah Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta:Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : UNS Press. Wahono,Rusmiyanto. 2005. Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas IX. Jakarta : Ganeca Exact Yasa, Doantara. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif.(http://ipotes.wordpress.com./author/ipotes/). Yogaswara,Yogi. Anna Suzana. 2006. Terampil Berbahasa dan Sastra Indonesia 3. Jakarta : PT Nimas Multima.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9923
dc.description.abstractMenulis adalah keterampilan yang dianggap cukup sukar bagi pelajar, padahal menulis sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern. Keterampilan menulis tidak diminati banyak siswa. Apa sebab mereka tidak minat pada keterampilan menulis? Banyak hal yang mendasarinya, mungkin peangajaran menulis kurang menarik atau siswa kurang punya bekal untuk menulis sehingga bingung apa yang mau dituliskannya. Apalagi menulis karya ilmiah, materi ini dianggap momok bagi siswa bahkan juga guru. Itulah latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode karkop dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa SMAN Kebakkramat. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas XIA-5 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data pengamatan, angket, wawancara, dokumen, dan tes. . Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi;(d)analisis dan (e) refleksi. Hasil penelitian, keaktifan siswa mengalami peningkatan, perhatian siswa dari 50%, siklus I menjadi 60%, Siklus II meningkat lagi menjadi 75% , keaktifan siswa berdiskusi dari 40%, siklus I menjadi 60% pada siklus II meningkat lagi menjadi 75%, kekompakkan siswa dalam kelompok dari 50% siklus I 60% siklus II meningkat menjadi 80% , kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari 50% siklus I, 60% pada siklus II meningkat menjadi 75%, dan kemampuan presentasi kelompok dari 40% siklus I 60% siklus II menjadi 75%. Hasil penilaian menunjukkan dengan penerapan integrasi kartu aktifitas dan metode kooperatif mampu meningkatkan kemampuan menulis karya tulis sederhana Hal ini terlihat dari hasil penelitian pada tahap pemilihan topik nilai yang dicapai siswa sudah mengalami peningkatan siklus I adalah 65 menjadi 80, mencari dan membuat landasan teori sesuai dengan topik yang dipilih siswa nilai siswa pada siklus I adalah 65 menjadi 75, penulisan kerangka karya tulis nilai siswa yang semula nilainya pada siklus I, 60 menjadi 75 pada siklus II. Peningkatan ini juga cukup tinggi, hal ini disebabkan siswa sudah dengan senang hati mengikuti pembelajaran sehingga hasilnya juga cukup baik. Nilai karya ilmiah sederhana dari siklus I, 60 pada siklus II ini menjadi 75. Siswa memberikan tanggapan positip terhadap metode karkop. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode karkop mampu meningkatkan kemampuan menulis karya tulis di SMAN Kebakkramat. Bahkan siswa sudah berani berkompetisi dalam berbagai lomba karya ilmiah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titleSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record