Show simple item record

dc.contributor.authorHeryani, H
dc.date.accessioned2018-06-05T02:31:14Z
dc.date.available2018-06-05T02:31:14Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationAchmad, dan Alek Abdullah. 2012. Linguistik umum. Jakarta: Erlangga. Arifin, E. Zaenal & Junaiyah, H.M. 2009. Sintaksis. Jakarta: Gramedia Alwi, Hasan, Dkk. 2003.Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. Ekowardono, B. Karno. 2002. Kalimat Dasar Bahasa Indonesia: Kajian Tentang Ciri dan Tipenya. Dalam Alwi, Hasan dan Dendy Sugono. Telaah Bahasa dan Sastra.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia. Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Putu Rima Ruspitayanti. 2015. Struktur Kalimat Bahasa Indonesia pada Karya-Karya Tulis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMALB-B Negeri Singaraja.Singaraja.Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Rusyanti, Endang. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak 2,5 Tahun. BandungUniversitas Pendidikan Indonesia. Suharjo. (2006). Mengenal pendidikan sekolah dasar: Teori dan praktek. Jakarta: Depdiknas. Tarigan, Hendri Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung. Angkasa Wiranta, I Made. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi.Yogyakarta: ANDIYogyakarta. Yule, George. 2006. The Study Of Language (Third edition). New york. Cambridge University Press. Yunarsih, Dwi. 2016. Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3;0-4;0 Tahun.Padang. Universitas Negeri Padangid_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9927
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia murid kelas I Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia murid kelas I SD 157 Pabeheang Kabupaten Sinjai, (2) mengkaji jenis konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia yang banyak digunakan murid kelas I SD 157 Pabeheang Kabupeten Sinjai. Subjek penelitian ini adalah murid kelas I yang berada dalam lingkungan SD 157 Pabaheang Kabupaten Sinjai.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena berisi tentang gambaran mengenai konstruksi kalimat dasar anak SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan cakap.Adapun teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak adalah teknik catat dan teknik rekam.Catatan dan rekaman penutur itulah data diperoleh sebagai data primer penelitian konstruksi kalimat dasar anak.Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konstruksi kalimat dasar murid kelas I SD ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial ekonomi keluarga anak.Konstruksi kalimat dasar anak yang berasal dari status ekonomi orang tuanya tinggi berbeda dengan konstruksi kalimat dasar anak yang berasal dari status ekonomi orang tuanya rendah.Konstruksi kalimat dasar anak yang lingkungan berbahasa Indonesia sebagai bahasa pertama, berbeda dengan anak yang lingkungan berbahasa daerah sebagai bahasa pertamanya. Konstruksi kalimat dasar anak yang masuk SD berasal dari taman kanak-kanak berbeda dengan konstruksi kalimat anak yang berasal atau belum dari taman kanak-kanak. Jenis konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia yang banyak digunakan murid SD 157 Pabeheang Kabupaten Sinjai adalah konstruksi kalimat yang berpola (S-P-O) sebanyak 87 kalimat. Murid sudah mampu menggunakan kalimat konstruksi yang kompleks.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titleKonstruksi Kalimat Dasar Bahasa Indonesia Murid Kelas I SD 157 Pabeheang Kabupaten Sinjaiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record