Show simple item record

dc.contributor.authorWahyudi, Agus Budi
dc.contributor.authorHaryanti, Putri
dc.contributor.authorAryanti, Safitri Zuliana
dc.date.accessioned2018-06-05T02:48:22Z
dc.date.available2018-06-05T02:48:22Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationAhmadi, Abu. 2007. Psikologis Sosial. Jakarta : Rineka Cipta. Bertens, K. 2000. Etika. Jakarta : Gramedia Danim, Sudarwan. 2010. Karya Tulis Inovatif. Bandung : Remaja Rosda karya. Dyson,L dan Thomas Santosa.1999. Ilmu budaya dasar.Surabaya: Citra Media. Ghufron, Risnawita. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Hilal, R Sayidin. 2005. Sosiologi: Dengan Pendekatan Tematik dan Induktif. Jakarta: PT. Bintang Ilmu. Moleong, Lexi J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya. Noer, Mohammad. 2010. Hypno Teacing. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani. Santoso, Slamet. 2010. Teori – teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama. Suyitno, Imam. 2012. Menulis Makalah dan Artikel. Bandung : Refika Aditama. Seligman,2002. Spiritual And Religi. Jakarta : Gema Insan. Soelaeman, Munandar. 2007. Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Refika Aditama. Tasmara, Toto. 2006. Spiritual Centered Leadership. Jakarta : Gema Insan.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9928
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan (1) Menemukan wujud partikel yang difungsikan siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta (selanjutnya disingkat SSDITJKLKS) (2) Mendeskripsikan keberfungsian partikel dalam wacana narasi SSDITJKLKS.Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung pemfungsian partikel dalam wacana narasi SSDITJKLKS. Adapun sumber data berupa wacana narasi dalam majalah Obah edisi No. 16 s.d 24 tahun 2016-2017.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dan memanfaatkan teknik simak dengan teknik lanjutan dengan teknik catat. Teknik catat dilaksanakan pencatatan data dari sumber data.Selanjutnya, setelah data terkumpul, dilakukan klasifikasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik baca markah (metode agih). Teknik baca markah ini untuk menentukan wujud satuan lingual berupa partikel. Metode padan referensial untuk menganalisis keberfungsian partikel secara gramatikal Hasil penelitian terdapat partikel yang difungsikan oleh siswa berupa dari, ke dan di. Partikel dari sebanyak 110, partikel ke sebanyak 273, dan partikel di sebanyak 724.Wacana narasiSSDITJKLKS memberikan gambaran nyata bahwa siswa SD memiliki kemampuan pemfungsian partikel dalam kalimat. Posisi partikel yang difungsikan bervariasi, berdistribusinya sesuai fungsi sintaksis frase preposisi di awal, di tengah dan di akhir kalimat. Oleh karena itu, dikatakan bahwa SSDITJKLKS mampu memfungsikan partikel –sebagai preposisi dalam wacana narasi dan memfungsikan partikel –sebagai pembentuk satuan lingual frase preposisi bahasa Indonesia secara gramatikal.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titleKeberfungsian Partikel dalam Wacana Narasi Siswa Sdit Jamsaren Kecamatan Laweyan Kota Surakartaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record