Show simple item record

dc.contributor.authorSaputri, Dini Nur’ainy Gita
dc.date.accessioned2018-06-05T03:15:05Z
dc.date.available2018-06-05T03:15:05Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationBadran, Dany. 2012. “Modality and Ideology in Translated Political Texts”. Journal Is A Scholarly Research Publication. University of Nottingham. 8(4):134-140. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Yogyakarta: Rineka Cipta. Cristiana, Davidescu. 2008. “Adverbia Verba Bahasa Rusia Dan Pengungkapan Maknanya dalam Bahasa Indonesia”. Sosiohumaniora. 10(1):22-25). Damayanti, Tia. 2012. “Adverbia Penanda Modalitas dalam Novel Karya Andrea Hirata: Suatu Kajian Stuktur dan Makna”. Jurnal Litera. 1(3):29-30. Devi, Ade Anggraini Kartika, dan Wini Tarmini, Karomani. 2014. “Adverbia pada Artikel Opini Kompas dan Implikasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya). 2(3):1-8). H. B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press. Mansoori, Mehrzad dan Marzieh Afshari. 2016. “The comparative analysis of the modal verbs in three Surahs: “Yasin, AlRahman and Yusuf” and their contrastive Persian and English translations”. International Journal of Medical Research & Health Sciences. 2(7):178-183. Mansoory, Mehrzad. 2008. “The Survey of The Use of Modal Verbs in English Translations Of The Holy Quran, Translation Studies”. International Journal of Medical Research & Health Sciences. 9(5):31-44. Markhamah, Atiqa Sabardila, Abdul Ngalim, Muinuddinilah Basri. 2011. ”Pengembangan Materi Ajar dan Pembelajaran Sintaksis Berbasis Teks Terjemahan Al Quran”. Laporan Penelitian Hibah Tim Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dibiayai oleh Dikti Tahun II. Melani, Suzanna Merry. 2016. “Adverbia Chotto Analysis in Japanese Sentence ". Indonesian Journal of Chemistry. 4(2):120-128). Mu’allimatin Najihah, Markhamah, Abdul Ngalim, dan Muh. Muinudinilah Basri. 2015. “Jenis dan Penanda Adverbia Aspek pada Teks Terjemahan Alquran yang Mengandung Etika Berbahasa”. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. ISSN 2549-5607. Mudrikah, Siti. 2014. “Adverbia Verba Bahasa Jawa pada Cerbung ‘Ngonceki Impen’ pada Majalah Panjebar Semangat Edisi Maret–Agustus 2014”. Vol. 6. No. 8. Jurnal Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Mulyana. 2011. Morfologi Bahasa Jawa. Yogyakarta. Kanwa Publisher. Nasra, Dwi Agustina. 2010. “Kajian Sinonim Adverbia Tetemo dan Taihen dalam Beberapa Novel Jepang”. P Language and Literature. P Philology Linguistics.9(7):110-115). Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung. Alfabeta. Sudarmini, 2017. “Adverbia Aspek, Sangkalan, dan Jumlah dalam Teks Terjemah Alquran: Kajian Fungsi dan Kategori”. Magister Pengkajian Bahasa Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Szcyrbak, Magdalena. 2017. “Modal Adverbs of Certainty in The Rhetoric of Advocates General: A Dialogic View”. . Journal of Language and Social Psychology. 18(1):130-134. Zaid, Amjad. 2015. “A Pragmatic Analysis Of English And Arabic Adverbial Positions And Their Pedagogical Implications”. Journal ProQuest LLC. 7(9):334-340).id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9931
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori yang dimodifikatori oleh adverbia penanda modalitas dan implementasi pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah semua satuan lingual yang mengandung kategori adverbia modalitas dalam teks terjemahan Al Quran (TTA). Khususnya Surah dan ayat yang mengandung etika berbahasa. Terjemahan Alquran yng dikaji adalah terjemahan yang diterbitkan oleh kerajaan Arab Saudi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak catat. Teknik simak dipakai untuk menyimak teks terjemahan Alquran (TTA) untuk mengidentifikasi data tentang berbagai penggunaan satuan lingual yang mengandung adverbia penanda modalitas. Teknik catat dipakai untuk mencatat data penggunaan satuan lingual yang mengandung adverbia penanda modalitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih dan metode padan. Metode agih merupakan metode yang alat penentunya adalah bagian dari bahasa itu sendiri. metode padan yang digunakan adalah subjenis padan referensial. Metode ini digunakan untuk menganalisis kategori adverbia penanda modalitas pada TTA. Hasil penelitian kategori yang dimodifikatori oleh adverbia penanda modalitas adalah. (1) adjektifa, (2) frasa adjektifa, (3) verba, (4) frasa verba, (5) nomina, (6) frasa nomina. Adjektifa yang didampingi oleh modalitas berkenaan dengan sifat takut, baik, dan benar yang menyatakan sifat manusia. Adverbia penanda modalitas yang mndampingi frasa adjektifa banyak yang menyatakan sifat Allah. Pada adverbia penanda modalitas yang mendampingi nomina, kebanyakan Nomina nya memberikan label segolongan manusia di hadapan Allah dan penjelas siapa sebenarnya manusia itu. Adapun verba atau frasa verba menyatakan aktivitas yang dilakukan oleh manusia sebagian dari hamba Allah. Namun, ada sebagian kecil yang menyatakan verba/aktivitas Allah. Hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai materi ajar SMP pada Kompetensi Inti 3, yakni memahami pengetahuan berupa faktual, konseptual, serta prosedural yang berdasar rasa keingintahuan tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Sedangkan Kompetensi Dasar merujuk pada KD 3.14, yakni menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat berupa pantun, syair, dan puisi rakyat. Materi pelajaran tentang penggunaan adverbia penanda modalitas sebagai pembentuk frasa untuk mengisi fungsi kalimat tunggal maupun majemuk tercantum dalam KI 3 dan KD 3.14.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titleKategori yang Dimodifikatori Oleh Adverbia Penanda Modalitas dan Implementasi Pembelajarannyaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record