dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Karya. Egeten, Albert, dkk. 2016. “Bentuk dan Makna Budaya dalam Ungkapan Lagu-lagu Pop Melayu Manado (Suatu Kajian Linguistik Antropologi)”. Kajian Linguistik. Vol.3, No.3, Hlm.45-60. Fuadhiyah, Ucik. 2011. “Simbol dan Makna Kebangsaan dalam Lirik Lagu-lagu Dolanan di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan”. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. VII, No. 1, Hlm. 15-26. Narti, Wa Ode. 2016. “Makna Ungkapan dalam Adat Prosesi Pengisalaman (Patoba) pada Masyarakat Bajo di Desa Bontu-bontu Kecamatan Towea Kabupaten Muna”. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). Vol. 2, No.1, Hlm. 44-59. Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Rosita, Nela Indri. 2016. “Analisis Makna dalam Iklan Kartu Seluler”. Jurnal Bastra. Vol.1, No.1, Maret 2016. Safitri, Paramita Ida. 2016. “Memahami Makna pada Kata-kata Mutiara Hamka (Hamka Quotes): Tinjauan Kesantunan Berbahasa”. Prosiding Seminar Nasional PRASASTI II. Halaman 483-487. | id_ID |
dc.description.abstract | Kalimat-kalimat motivasi yang ditulis oleh remaja tentunya mengandung berbagai makna. Sebagaimana curahan hati remaja, kalimat motivasi pun memiliki latar belakang sehingga hal tersebut menjadi penyemangat sekaligus cerminan kepribadian diri mereka. Demi terwujudnya kepribadian yang baik diperlukan juga kerja sama antara keluarga, sekolah dan masyarakat akan kesadaran memotivasi anak usia remaja untuk membentengi mereka dari berbagai perilaku menyimpang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna yang terdapat pada kalimat motivasi remaja. Objek penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang menunjukkan makna-makna motivasi yang ditulis oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Objek penelitian berupa makna yang terdapat pada kalimat motivasi remaja. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan dokumentasi pada tulisan siswa siswi dilanjutkan dengan wawancara kepada sejumlah informan. Teknik analisis data menggunakan metode padan. Metode padan yang digunakan yakni metode padan referensial atau content analyisis dengan alat penentu referen bahasa. Selain teknik padan referensial, bila memungkinkan digunakan teknik baca markah. Selain itu, perlu juga dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh hasil penelitian yang absah.
Hasil penelitian menunjukkan ada delapan makna yang terkandung dalam kalimat motivasi remaja, antara lain: (1) semangat pantang menyerah; (2) orang tua berperan dalam tumbuh kembang anak; (3) percaya pada kemampuan diri sendiri; (4) ilmu merupakan bekal yang penting untuk masa depan; (5) semangat untuk meraih cita-cita; (6) setiap perbuatan akan berdampak pada diri sendiri; (7) kewajiban untuk beriman kepada Tuhan; dan (8) berorientasi kepada masa depan. | id_ID |