Show simple item record

dc.contributor.authorWiniasih, Tri
dc.date.accessioned2018-06-05T03:47:06Z
dc.date.available2018-06-05T03:47:06Z
dc.date.issued2018-04
dc.identifier.citationAwaliyah, Helmi Fauziah. 2017. “Analisis Kesalahan Berbahasa: Studi Kasus Aspek Morfologis dan Sintaksis terhadap Penulisan Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Periode Wisuda 2013—2014”. Tesis. Prodi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Fransiska, Maria dan Ikha Listyarini. 2017. “Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 5 Semarang”. Lingua. Volume XIII. Nomor 1. Januari 2017:68—76. Jalal, Moch. 2012. “Problematika Kesalahan Bahasa pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Universitas Airlangga”. Jurnal Ilmu Humaniora. Vol. 12. No. 2 Juli—Desember 2012: 92—209. Panitia Pengembang. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. Ende: Nusa Indah. Rosidi, Imron. 2009. Menulis... Siapa Takut? Panduan bagi Penulis Pemula. Yogyakarta: Kanisius. Sugiah. 2013. “Analisis Penggunaan Huruf Kapital pada karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bukit Bestari Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tanjung Pinang: FKIP Universitas Maritim Raja Alihaji. Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Widayanti, Winda. 2014. “Analisis Penggunaan Ejaan dalam Menulis Karangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN 3 Parakan Trenggalek”. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Winiasih, Tri, dkk. 2004. “Penyimpangan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas Tahap Kedua (di Bakorwil II Jawa Timur)”. Laporan Penelitian. Surabaya: Balai Bahasa Surabaya.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9935
dc.description.abstractArtikel penelitian ini membahas masalah kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital pada sinopsis cerita rakyat yang ditulis peserta kegiatan literasi: “Peningkatan Minat Baca dan Tulis bagi Siswa SD di Surabaya Timur”. Secara khusus, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan huruf kapital pada sinopsis yang ditulis oleh peserta literasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tugas kepada 25 siswa SD kelas tinggi yang merupakan peserta kegiatan literasi yang berasal dari 15 SD, baik negeri maupun swasta di Surabaya Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesalahan penggunaan huruf kapital pada setiap siswa adalah 55,55%. Kesalahan penggunaan huruf kapital tersebut berupa pemakaian 1) huruf pertama di awal kalimat, 2) nama orang dan julukan, 3) awal kalimat petikan langsung; 4) nama agama, Tuhan, dan kata ganti untuk Tuhan; 5) nama gelar kehormatan dan keturunan, 6) nama suku bangsa, 7) nama geografi, 8) penulisan judul karangan, dan 9) penunjuk hubungan kekerabatan untuk penyapaan dan pengacuan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018id_ID
dc.titleKesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Teks Sinopsis Peserta Kegiatan Literasi di Surabaya Timurid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record