• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping Ditinjau Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (345.4Kb)
    Date
    2018-05
    Author
    Chasanah, Ammar Anisa
    Setyaningsih, Nining
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi Problem Based Learning berbasis Mind Mapping ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta sedangkan sampel diambil dua kelas dengan kemampuan yang sama. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu model angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% adalah (1) terdapat pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa dengan kata lain bahwa model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping lebih baik daripada model konvensional, (2) tidak ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa dengan kata lain kemampuan berfikir kreatif matematis tidak mempengaruhi hasil belajar, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berfiki kreatif matematis terhadap hasil belajar dengan kata lain tidak ada interaksi model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10075
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV