dc.identifier.citation | [1] Usman, Ali. (2010). PERMENDIKNAS No 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses tanggal 02 Oktober 2017, dari https://www.google.co.id/amp/s/aliusmanhs.wordpress.com/2010/07/18/permendiknas-no-22-tahun-2006-tentang-standar-isi-untuk-satuan-pendidikan-dasar-dan-menengah/amp/ [2] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konferemsi Pers UN 2017 Jenjang SMP UN untuk Memantau, Mendorong dan Meningkatkan Mutu Pembelajaran. [3] Nuriadin, Ishaq & Perbowo, Krisna Satrio. (2013). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2, 65-74. [4] Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta [5] Pansa, Hani Ervina. (2016). Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matemtika. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I. [6] Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. [7] Edward. C. (2009). Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Sakti. [8] Darmawan, Dani. (2013). Model Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [9] Sutama. (2016). Model Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media. [10] Mariyana, Evit Indah & Setyaningsih, Nining. (2016). Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Mind Mapping dan Concept Maps Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis pada Siswa Kelas VIII Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. [11] Happy, Nurina & Widjajanti, D.B. (2014). Keefetifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1, 48-57. [12] Ismaimuza, Dasa. (2013). Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Junal Teknologi UTM, 63(3), 33-37. | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi Problem Based Learning berbasis Mind Mapping ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta sedangkan sampel diambil dua kelas dengan kemampuan yang sama. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu model angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% adalah (1) terdapat pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa dengan kata lain bahwa model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping lebih baik daripada model konvensional, (2) tidak ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa dengan kata lain kemampuan berfikir kreatif matematis tidak mempengaruhi hasil belajar, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berfiki kreatif matematis terhadap hasil belajar dengan kata lain tidak ada interaksi model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa. | id_ID |