• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Kreativitas dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (796.5Kb)
    Date
    2018-05
    Author
    Nopiani, Evi
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemampuan berpikir kritis, (2) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (3) menguji kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan pendekatannya jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 159 siswa kelas X SMK N 9 Surakarta. Sampel penelitian 113 siswa, ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, (1) Dengan taraf signifikansi 5%, kreativitas dan keaktifan berpikir kritis memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis sebesar 32,1%. (2) kreativitas dan keaktifan berorganisasi memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 14,0%. Kontribusi kreativitas secara langsung memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis sebesar 12,32%. Sedangkan, kontribusi variabel keaktifan berorganisasi secara langsung memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis sebesar 0,2704%. (3) dengan taraf signifikansi 5%, kemampuan berpikir kritis memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar matematika sebesar 30,47%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10105
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV