Show simple item record

dc.contributor.authorNopiani, Evi
dc.contributor.authorRejeki, Sri
dc.date.accessioned2018-07-10T06:52:59Z
dc.date.available2018-07-10T06:52:59Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Bakoban R. A. and Aljarallah S. A. 2015 . Extracurricular activities and their effect on the student’s grade point average: Statistical study. International Journal of Educational Research. 10(20), 2737-2744 [2] Chukwuyenum, A.N .(2013) . Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. Journal of Research & Method in Education, 3(5), 18-25 [3] Indriyani, Asih. (2017). Kontribusi motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMA. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II). ISSN 2502-6526. 247-254. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. [4] Irjayanto, Widhi. (2015). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kreatif, Number Sense, Dan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta. [5] Kuncoro, E.A dan Riduwan. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. [6] Leonard dan amanah. (2017). Pengaruh adversity quotient (AQ) dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Universitas Indraprasta PGRI. [7] Modisa, Rani. Gumanti , Dessyta. Ronald, jimi. (2017). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar, kemampuan Berpikir kritis, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan ekonomi. STKIP PGRI Sumatera Barat. [8] Moris, David.S., (2015). Actively Closing The Gap?Social Class, OrganizedActivities, And AcademicAchievement In HighSchool. 47(2) 267–290 [9] Rivai, Veithzal dan Mulyadi, Deddy .(2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (edisi ketiga). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada [10] Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta [11] Sabri, Pirzada. Ilyas, Muhammad. Amjad, Zahra. (2015). Organization learning culture and its effects an Critical Thinking Skills on Female Teachers of Public Sector Higher Education Institution. Bulletin of Education and Research. Vol 37, No 2, pp 69-90. [12] Sari, Dewi Puspita dan Dewi, Retno Mustika. 2017. Pengaruh ketrampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 di MAN Mojosari. Universitas Negeri Surabaya. 5(1) [13] Stenberg, J.R. (2012) . The Assesment of Creativity. Creativity Research Journal, Vol 24(1), page 3-12 [14] Ulger, Kani. (2016). The Relationship Between Creative Thinking And Critical Thinking Skills Of Students. Journal of education. ISSN: 1300-5340. Vol 31(4) page 695-710. [15] Wilda, Salwah, Shindy. (2017). Pengaruh kreativitas dan Minat Belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Universitas Cokroaminoto Palupo. 2(1) [16] Yulistyani, Indah. (2014). Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 1 Banyudono. Skripsi. FKIP Pendidikan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10105
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemampuan berpikir kritis, (2) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (3) menguji kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan pendekatannya jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 159 siswa kelas X SMK N 9 Surakarta. Sampel penelitian 113 siswa, ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, (1) Dengan taraf signifikansi 5%, kreativitas dan keaktifan berpikir kritis memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis sebesar 32,1%. (2) kreativitas dan keaktifan berorganisasi memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 14,0%. Kontribusi kreativitas secara langsung memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis sebesar 12,32%. Sedangkan, kontribusi variabel keaktifan berorganisasi secara langsung memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis sebesar 0,2704%. (3) dengan taraf signifikansi 5%, kemampuan berpikir kritis memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar matematika sebesar 30,47%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectkreativitasid_ID
dc.subjectkeaktifan berorganisasiid_ID
dc.subjectkemampuan berpikir kritisid_ID
dc.subjecthasil belajar matematikaid_ID
dc.titleKontribusi Kreativitas dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMKid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record