Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentukan Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan prinsip dan operasi serta faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menentukan koordinat kutub. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil tes siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas satu siswa kelompok tinggi, satu siswa kelompok sedang, dan satu siswa kelompok rendah. Metode pengumpulan data dalam bentuk tes uraian dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan prinsip yang dilakukan siswa adalah menentukan besarnya sudut pada koordinat kutub yang disebabkan karena mereka tidak hafal nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa pada kuadran II, III, dan IV khususnya tanda positif dan negatifnya sehingga salah dalam mengkonversi nilai perbandingan trigonometri menjadi sudut yang dikehendaki soal. Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu pengkuadratan bilangan negatif, menghitung hasil penjumlahan pecahan, pembagian pecahan, serta pembagian bentuk akar. Hal ini karena mereka kurang teliti dan kurang memahami kaidah dalam operasi aljabar.