• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentukan Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (668.3Kb)
    Date
    2018-05
    Author
    Setyowati, Tuty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan prinsip dan operasi serta faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menentukan koordinat kutub. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil tes siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas satu siswa kelompok tinggi, satu siswa kelompok sedang, dan satu siswa kelompok rendah. Metode pengumpulan data dalam bentuk tes uraian dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan prinsip yang dilakukan siswa adalah menentukan besarnya sudut pada koordinat kutub yang disebabkan karena mereka tidak hafal nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa pada kuadran II, III, dan IV khususnya tanda positif dan negatifnya sehingga salah dalam mengkonversi nilai perbandingan trigonometri menjadi sudut yang dikehendaki soal. Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu pengkuadratan bilangan negatif, menghitung hasil penjumlahan pecahan, pembagian pecahan, serta pembagian bentuk akar. Hal ini karena mereka kurang teliti dan kurang memahami kaidah dalam operasi aljabar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10133
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV