dc.contributor.author | Setyowati, Tuty | |
dc.date.accessioned | 2018-07-13T04:21:00Z | |
dc.date.available | 2018-07-13T04:21:00Z | |
dc.date.issued | 2018-05 | |
dc.identifier.citation | [1] Ruseffendi, E.T.. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. [2] Soleh, M. 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta : Depdikbud. [3] Porwanto, Muhammad dan Suroto. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Peluang Sma Tribhakti Tanggulangin Kelas Xii Ips. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.2, No.1, Maret 2014 [4] Ulifa, Siti Nur Ulifa dan Dzulkifli Effendy. Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.2, No.1, Maret 2014 [5] Suhita, Rintis dan Rashar Sjahruddin Aunillah. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 1, No. 2, September 2013 [6] Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. [7] Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Negeri Malang. [8] Khotimah, Khusnul, dkk. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri. Universitas Kanjuruhan Malang : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1 Tahun 2016. [9] Pitwakul, Pimpalak Wonga. Enhancing High School Students’ Conceptual Understanding of the Linkage between the Earth and Trigonometry through an Inquiry Based Learning Unit. The International Journal of Learning. Volume 18. Issue 2 tahun 2011. [10] Sokolowski, Andrzej dan Robin Rackley. Teaching Harmonic Motion in Trigonometry : Inductive Inquiry Supported by Physics Simulations. Australian Senior Mathematics Journal 25 (1). Tahun 2011. [11] Mensah, Farouq Sessah. Ghanaian Senior High School Students’Error in Learning of Trigonometry. International Journal of Environmental and Science Education. Volume 12 N0. 8. Tahun 2017. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10133 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan prinsip dan operasi serta faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menentukan koordinat kutub. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil tes siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas satu siswa kelompok tinggi, satu siswa kelompok sedang, dan satu siswa kelompok rendah. Metode pengumpulan data dalam bentuk tes uraian dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan prinsip yang dilakukan siswa adalah menentukan besarnya sudut pada koordinat kutub yang disebabkan karena mereka tidak hafal nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa pada kuadran II, III, dan IV khususnya tanda positif dan negatifnya sehingga salah dalam mengkonversi nilai perbandingan trigonometri menjadi sudut yang dikehendaki soal. Kesalahan operasi yang dilakukan siswa yaitu pengkuadratan bilangan negatif, menghitung hasil penjumlahan pecahan, pembagian pecahan, serta pembagian bentuk akar. Hal ini karena mereka kurang teliti dan kurang memahami kaidah dalam operasi aljabar. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018 | id_ID |
dc.subject | analisis | id_ID |
dc.subject | kesalahan | id_ID |
dc.subject | prinsip | id_ID |
dc.subject | operasi | id_ID |
dc.title | Analisis Kesalahan Prinsip dan Operasi dalam Menentukan Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |