Komparasi Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) perbedaan pengaruh tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) perbedaan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (3) perbedaan pengaruh interaksi antara tingkat berpikir kritis dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Boyolali 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 81 siswa yang diambil secara acak sesuai dengan proporsi sampel untuk setiap kelas dengan teknik sampling menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 5% adalah (1) terdapat perbedaan pengaruh tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) terdapat perbedaan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara tingkat berpikir kritis dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.