Studi Analisis Perbandingan Algoritme Pathfinding pada Simulasi Unity 3D
View/ Open
Date
2018-03Author
Nuryono, Aninditya Anggari
Ardiyanto, Igi
Wibirama, Sunu
Metadata
Show full item recordAbstract
Pathfinding digunakan suatu objek untuk mencari jalur dari satu tempat ke tempat lain berdasarkan
keadaan peta dan objek lainnya. Dalam pathfinding dibutuhkan algoritme yang dapat dengan cepat
memproses dan menghasilkan arah yang terpendek untuk mencapai suatu lokasi tujuan. Algoritme
pathfinding yang diulas adalah algoritme A*dan A* smooth Algoritme A* memiliki fungsi heuristik.
Algoritme A* smooth merupakan modifikasi dari algoritme A*. Algoritme A* smooth ini bekerja
dengan melakukan modifikasi raycast A*. Algoritme A* memanfaatkan node dengan petak-petak
kecil. Setiap algoritme ini diimplementasikan ke dalam game object Unity 3D. Setiap game object
akan bergerak secara bersamaan untuk menuju titik tujuan dengan posisi awal dan tujuan yang
berbeda-beda dengan menghindari banyak halangan. Hasil uji yang didapat adalah algoritme A*
smooth lebih unggul dibandingkan dengan algoritme A* dan NavMesh. Waktu tempuh yang
dibutuhkan game object dengan algoritme A* smooth lebih cepat 1,6 detik dan 9,6 detik
dibandingkan dengan algoritme A* dan NavMesh.