• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Literasi Matematika dalam Pengolahan Data Statistika SMP

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.487Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Memolo, Tundung
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan bentuk komunikasi dan interaksi antara peserta didik dengan lingkungan belajar. KTSP memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan beragam informasi dari lingkungan tersebut melalui beragam kegiatan. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan belajar peserta didik adalah melalui literasi. Literasi matematika menjadi populer semenjak masuk dalam pembahasan PISA. Gagasan literasi matematika diawali dengan pengembangan literasi numerik dan literasi kuantitatif. Literasi matematika mencakup kemampuan siswa dalam literasi numerik, kuantitatif, dan spasial, oleh karena itu literasi matematika didefinisikan sebagai kegiatan siswa yang menggunakan kemampuan bertanya, mengidentifikasi, menguhubungkan, menafsirkan, dan menggeneralisasi sebuah permasalahan nyata yang berhubungan dengan aspek numerik ataupun spasial. Kegiatan literasi matematika sangat tepat digunakan dalam pengolahan data statistika karena siswa dapat melakukan kegiatan literasi yang menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menerapkan literasi matematika dalam pengolahan data statitistika SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif berbasis penilaian unjuk kerja yang menggunakan pengalaman nyata dari peserta didik dengan subjek siswa kelas 9A SMPN 2 Kalibawang. Hasil persentase rata – rata dari pengolahan data statistika kelas 9A yaitu sebesar 83,75% yang menunjukkan bahwa pembelajaran statistika dengan menerapkan literasi matematika telah berjalan dengan baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10167
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV