Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif
View/ Open
Date
2018-04Author
Mahfud, Muhammad Nuhman
Wulansari, Aprilya
Metadata
Show full item recordAbstract
Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau
instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan
terhadap sesuatu yang baru. Gadget memiliki banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan sebagai
pendukung sarana baca dan pembelajaran bagi siswa. Keunggulan pertama yaitu gadget memiliki ruang
penyimpanan yang sangat besar tergantung spesifikasi masing-masing merek dibandingkan dengan
penggunaan buku secara konvensional. Gadget mampu menyimpan puluhan hingga ratusan bahan bacaan
dalam bentuk softfile atau software. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan
media gadget dapat menciptakan suasana belajar yang efektif bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa gadget digunakan siswa untuk mempermudah mengakses materi pelajaran, menonton dan
menganalisis film atau video pembelajaran. Dengan penggunaan gadget, siswa menjadi lebih menarik dan
belajar menjadi lebih bervariasi dan menyenangkan.