Kontribusi Motivasi dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil
belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian belajar, menguji kontribusi motivasi
dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar, dan menguji kontribusi kemandirian belajar
terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi penelitian 259 siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk. Sampel penelitian 159 siswa ditentukan dengan rumus Slovin.
Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan
data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil
penelitian, motivasi dan fasilitas belajar dengan (α = 0,05) memberikan kontribusi secara
simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian belajar sebesar 63,6%. Secara
parsial, motivasi belajar secara signifikan mempengaruhi langsung hasil belajar matematika dan
secara tidak langsung melalui kemandirian belajar memberikan pengaruh yang signifikan. Fasilitas
belajar secara tidak signifikan mempengaruhi langsung hasil belajar matematika melalui
kemandirian belajar. Motivasi dan fasilitas belajar memberikan kontribusi secara simultan
terhadap kemandirian belajar sebesar 10,1%. Secara parsial, kontribusi motivasi belajar secara
langsung memberikan pengaruh pada kemandirian belajar sebesar 19,2721%. Fasilitas belajar
secara langsung memberikan pengaruh pada kemandirian belajar sebesar 5,6169%. Kemandirian
belajar memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar matematika.