Pengembangan Media Pembelajaran Aritmatika untuk Anak SMP/MTS Melalui Karya Sastra Berupa Flash Fiction
View/ Open
Date
2018-03Author
Nisa’, Ziyana Endah Khairun
Sulistiyaningsih, Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh peserta
didik karena dianggap susah dan sulit dimengerti. Berdasarkan hal tersebut diperlukan sebuah
inovasi media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pemanfaatan
sastra sebagai sarana dalam pembelajaran matematika akan mudah dipahami, dan dapat menarik
minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamaman
siswa SMP/MTS terhadap ilmu matematika pada sub bab Aritmatika. Penelitian ini merupakan
pengembangan media pembelajaran aritmatika melalui karya sastra berupa flash fiction Media
pembelajaran ini menggabungkan dua ilmu yaitu, ilmu matematika dan sastra yang bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa terhadap aritmatika. Penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan dengan model pengembangan model 3- D (Three D model), yang terdiri dari 3 tahap
yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(development). Berdasarkan Penelitian, bahwa media ini mampu meningkatkan pemahaman
peserta didik akan kode dalam matematika, konsep, prinsip dan operasi yang sering membuat siswa
merasa kesulitan menyelesaikan soal. Penggunaan bahasa yang sederhana dan komunikatif
merupakan bentuk stimulus untuk peserta didik dalam memahami aritmatika dalam cerita yang
berupa cara penyelesain soal.