dc.identifier.citation | Edy, T. (2013). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Diakses dari https://scholar.google.co.id/scholar. Farida, Nurul. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Hanifah, E. H. (2011). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman: Studi Kasus Smp Bina Bangsa Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi lima (pengertian flash fiction). Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). Prodi PGMI, IAIN Syekh Nurjati: Cirebon. Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INA. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 TentangProses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan. Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174. Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika Dalam Pisa Kaitannya dengan Literasi Matematika Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. FKIP Universitas Jember. Sujarno. 2011. Permainan Trasdisional sebagai Jembatan Pembentuk Karakter Bangsa.Jantra (JurnalSejarah dan Budaya). Vol. VI, No. 12. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogykarta: 166-123. Sumarwati. 2013. Soal Cerita dengan Bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta. Suyitno, H. (2008). Hubungan antara bahasa dengan logika dan matematika menurut pemikiran Wittgenstein. Humaniora, 20(1), 26-37. Staf Pengajar Departemen Ilmu Sejarah Fakultas Sastra Universitas Airlangga Surabaya. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Wahyuni, I. S. 2009. Efektivitas Pemberian Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadapa Penyesuaian Sosial Anak Sekolah Dasar Negeri Cakraningratan Surakarta. Skripsi. Program Pendidikan Strata 1 Psikologi Universitas Sebelas Maret. Surakarta. | id_ID |
dc.description.abstract | Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh peserta
didik karena dianggap susah dan sulit dimengerti. Berdasarkan hal tersebut diperlukan sebuah
inovasi media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pemanfaatan
sastra sebagai sarana dalam pembelajaran matematika akan mudah dipahami, dan dapat menarik
minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamaman
siswa SMP/MTS terhadap ilmu matematika pada sub bab Aritmatika. Penelitian ini merupakan
pengembangan media pembelajaran aritmatika melalui karya sastra berupa flash fiction Media
pembelajaran ini menggabungkan dua ilmu yaitu, ilmu matematika dan sastra yang bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa terhadap aritmatika. Penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan dengan model pengembangan model 3- D (Three D model), yang terdiri dari 3 tahap
yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(development). Berdasarkan Penelitian, bahwa media ini mampu meningkatkan pemahaman
peserta didik akan kode dalam matematika, konsep, prinsip dan operasi yang sering membuat siswa
merasa kesulitan menyelesaikan soal. Penggunaan bahasa yang sederhana dan komunikatif
merupakan bentuk stimulus untuk peserta didik dalam memahami aritmatika dalam cerita yang
berupa cara penyelesain soal. | id_ID |