Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (Murder) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
View/ Open
Date
2018-03Author
Kusuma, Nunung Fajar
Mardiyana, M
Saputro, Dewi Retno Sari
Metadata
Show full item recordAbstract
Berbagai penelitian banyak yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa di
Indonesia kurang memuaskan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa. Dalam makalah ini dikaji, mengenai penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (MURDER) dengan
pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa.Tujuan penulisan makalah ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi
belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan
pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang dikenai model
pembelajaran langsung. (2) Untuk mengetahui kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe
MURDER dengan pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL). Dalam makalah ini dapat
disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang
dikenai model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan siswa yang dikenai model
pembelajaran langsung. (2) Kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe MURDER adalah
menciptakan semangat belajar sehingga konsentrasi belajar dapat dicapai secara maksimal dan
dapat menyerap materi yang telah dipelajari; agar siswa memiliki kesempatan untuk membentuk
atau menyusun kembali informasi yang telah mereka terima; dengan pengembangan, maka akan
lebih banyak mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan materi yang dipelajari.