dc.identifier.citation | Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Darmika, K., Suma, K., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4. Diakses tanggal 1 Februari 2018 dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=259458&val=703 3&title=PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOP ERATIF%20MURDER%20TERHADAP%20MOTIVASI%20BELAJ AR%20DAN%20PRESTASI%20BELAJAR%20IPA%20SISWA%20 SMP. Dimyati dan Mudjiyono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta. Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Handayani, R. R. R. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan JIGSAW Dengan Pendekatan Kontekstual Terahdap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Siswa SMP Negeri Kota Madiun. Tesis. Surakarta: Pascasarjana UNS. Jacobs, G. M., Lee, C., & Ng, M. (1997). Cooperative Learning in the Thinking Classroom: Research and Theoretical Perspectives. Paper Presented at The International Conference on Thinking, Singapore. Diakses tanggal 1 Februari 2018 dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED574147.pdf. Mustaqim, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (MURDER) Pada Materi Pokok Logaritma Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Se Kabupaten Karanganyar. Tesis. Surakarta: Pascasarjana UNS. Puspitasari, D. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Berbasis Mind Mapping Terhadap Prestasi dan Kreativitas Belajar Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Surakarta: Pascasarjana UNS. Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG. Banung: Tarsito. Rusman. (2011). Model–Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Soejadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Suherman, E. et al. (2003). Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica UPI. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Tu’u,Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta. Wahyuningtyas, W. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Mood Understand and Recall Detect Elaborate Review (MURDER) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan MURDER Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Ponorogo Pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Surakarta: Pascasarjana UNS. Yannuansa, N. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dengan Pendekatan Kontestual Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Se- Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Surakarta: Pascasarjana UNS. | id_ID |
dc.description.abstract | Berbagai penelitian banyak yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa di
Indonesia kurang memuaskan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa. Dalam makalah ini dikaji, mengenai penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (MURDER) dengan
pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa.Tujuan penulisan makalah ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi
belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan
pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang dikenai model
pembelajaran langsung. (2) Untuk mengetahui kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe
MURDER dengan pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL). Dalam makalah ini dapat
disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang
dikenai model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan siswa yang dikenai model
pembelajaran langsung. (2) Kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe MURDER adalah
menciptakan semangat belajar sehingga konsentrasi belajar dapat dicapai secara maksimal dan
dapat menyerap materi yang telah dipelajari; agar siswa memiliki kesempatan untuk membentuk
atau menyusun kembali informasi yang telah mereka terima; dengan pengembangan, maka akan
lebih banyak mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. | id_ID |