Peningkatan Sikap dan Hasil Belajar Teori Ring Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Tahun Akademik 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan Sikap dan Hasil Belajar Teori Ring menggunakan Model
Pembelajaran Artikulasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas
Ahmad Dahlan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti
berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model spiral
dari Kemmis dan Taggart yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester 4 dengan jumlah
peserta didik 21. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk
meningkatkan Sikap dan Hasil Belajar.Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, angket,
wawancara, tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar oservasi, lembar angket,
validitas. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, penarikan kesimpulan, analisis data
observasi, analisis data angket. Indikator Keberhasilannya adalah Sikap mahasiswa minimal
mencapai kriteria baik. Peningkatan Hasil Belajar , minimal mencapai nilai baik( 65%). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan Sikap dan Hasil Belajar menggunakan model
pembelajaran Artikulasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi Sikap mahasiswa pada siklus I
sebesar 72,41, siklus II sebesar 78,98 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis dari angket
tentang Sikap mahasiswa pada siklus I sebesar 66,64, siklus II sebesar 77,44 pada kategori sangat
baik. Untuk hasil belajar pada mata kuliah Teori Ring nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,57,
siklus II sebesar 71,71. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Artikulasi
dapat meningkatkan Sikap mahasiswa dan Hasil Belajar matematika.