dc.contributor.author | Widayati, W | |
dc.contributor.author | Yuwaningsih, Dian Ariesta | |
dc.date.accessioned | 2018-08-01T03:49:09Z | |
dc.date.available | 2018-08-01T03:49:09Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Agus Suprijono. 2012. Coopertative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Al-Tamimi, Atef & Shuib Munir. 2009. ―Motivation And Attitudes Towards Learning English: A Study Of Petroleum Engineering Undergraduates At Hadhramout University Of Sciences And Technology‖. GEMA Online Journal of Language Studies Volume 9 (2), 29—55. http://www.ukm.my/ ppbl/Gema/pp% 2029_55.pdf. Arsiah, Z. 2005. Hubungan antara Sikap Terhadap Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SMP di Indonesia. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia. Atawalo, T. M. 2011. Hubungan antara Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 SOE Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Depdiknas (2006). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas Erman Suherman. 2003 Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: Juruan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia. Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Kemdikbud. (2013). Penerapan kurikulum 2013. Jakarta: kemdikbud. Lastri Widayanti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Dan HasilBelajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran. Surakarta : Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mulyana, Endang. 2012. Pemahaman dan Disposisi Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Matematika melalui Pembelajaran Kolb-Knisley. Jurnal. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/1954 01211979031- Oemar Hamalik. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sakalus Wepe, Suratno, Bevo Wahono (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan PetaKonsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016) Jurnal Edukasi Unej 2016, Iii (2): 13-18 Sarwono. 1999. Korelasi antara Sikap Terhadap Bahasa Inggris pada SMU Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu. Slameto. 2010. Belajar & Faktor – 373actor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Adi Mahasatya. Suharsimi Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara Taylor, S. E., Sears, D. O., dan Peplau, L. A. 2009. Psikologi Sosial edisi 12. Jakarta: Media Group. Tri Achmad Budi Susilo. 2015. Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.3, No.1, April 2015. Zulkardi, 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaian. Palembang : Unsri Zulhafizh, 2013. Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10227 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan meningkatkan Sikap dan Hasil Belajar Teori Ring menggunakan Model
Pembelajaran Artikulasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas
Ahmad Dahlan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti
berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model spiral
dari Kemmis dan Taggart yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester 4 dengan jumlah
peserta didik 21. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk
meningkatkan Sikap dan Hasil Belajar.Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, angket,
wawancara, tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar oservasi, lembar angket,
validitas. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, penarikan kesimpulan, analisis data
observasi, analisis data angket. Indikator Keberhasilannya adalah Sikap mahasiswa minimal
mencapai kriteria baik. Peningkatan Hasil Belajar , minimal mencapai nilai baik( 65%). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan Sikap dan Hasil Belajar menggunakan model
pembelajaran Artikulasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi Sikap mahasiswa pada siklus I
sebesar 72,41, siklus II sebesar 78,98 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis dari angket
tentang Sikap mahasiswa pada siklus I sebesar 66,64, siklus II sebesar 77,44 pada kategori sangat
baik. Untuk hasil belajar pada mata kuliah Teori Ring nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,57,
siklus II sebesar 71,71. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Artikulasi
dapat meningkatkan Sikap mahasiswa dan Hasil Belajar matematika. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Peningkatan Sikap dan Hasil Belajar Teori Ring Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Tahun Akademik 2016/2017 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |