Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Mind Mapping Ditinjau dari Komunikasi Matematika (Kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh yang signifikan
implementasi model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil
belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi matematis terhadap hasil belajar
matematika, (3) interaksi model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dan
komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain
kuasi-eksperimental. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sragen yang beralamat di Jl. Gatot
Subroto No. 57, Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57121.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen tahun pelajaran
2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis data
dengan taraf signifikansi 5% yaitu: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model
pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika, (2)
terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika, dan
(3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping
dengan komunikasi matematis siswa terhadap hasil belajar matematika.