dc.identifier.citation | Astuti, A., & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110. Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20. Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86. Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21-34. Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal e-DuMath, 1(2), 122-136. Illahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mentall Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press. Jihad, A., & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Mathematics, N. C. (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. Reston: NCTM. Salfina, Hatibe, A., & Pasaribu, M. (2015). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Berkomunikasi tentang Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Biromaru. E-Jurnal Mitra Sains, 3(2), 1-8. Tran, T., Nguyen, N.-G., Bui, M.-D., & Phan, A.-H. (2014). Discovery Learning with the Help of the GeoGebra Dynamic Geometry Software. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1), 44-57. Wicaksana, H., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimen Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan DIinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 258-269. | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh yang signifikan
implementasi model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil
belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi matematis terhadap hasil belajar
matematika, (3) interaksi model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping dan
komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain
kuasi-eksperimental. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sragen yang beralamat di Jl. Gatot
Subroto No. 57, Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57121.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen tahun pelajaran
2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis data
dengan taraf signifikansi 5% yaitu: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model
pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika, (2)
terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika, dan
(3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping
dengan komunikasi matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. | id_ID |