Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangdowo
View/ Open
Date
2018-03Author
Nurmalaningrum, Devi
Khotimah, Rita Pramujiyanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh model
pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa,
(2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil beajar matematika siswa, (3) efek interaksi
antara model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangdowo tahun ajaran 2017/2018. Sampel
penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B. Teknik pengambilan sampel dengan
cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two
Stay Two Stray dan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat pengaruh
kreativitas belajar matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat efek interaksi
antara model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Think Pair Share ditinjau dari
kreativias belajar matematika terhadap hasil belajar matematika.