dc.contributor.author | Nurmalaningrum, Devi | |
dc.contributor.author | Khotimah, Rita Pramujiyanti | |
dc.date.accessioned | 2018-08-01T04:08:13Z | |
dc.date.available | 2018-08-01T04:08:13Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Dwi, dkk. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think-Pair-Share (TPS) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 250-259. Farida, Nurul. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurna Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 10-15. Kauchak, P. E. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks. Kuspiyanto, Budi & Sahat Siagian. Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 134-140. Lie, A. (2007). Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo. Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. Nasution, Halidayana & Harun Sitompul. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika. e- Journal Tabularasa PPS Unimed, 268-284. Samosir, Pancer & Abdul Muin Sibuea. (2014). Pengaruh Mdel Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1-12. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Zainuddin. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together pada Materi Pokok Fungsi Ditunjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 121-130. Zakarsi. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refiks Aditama. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10231 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh model
pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa,
(2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil beajar matematika siswa, (3) efek interaksi
antara model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangdowo tahun ajaran 2017/2018. Sampel
penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B. Teknik pengambilan sampel dengan
cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two
Stay Two Stray dan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat pengaruh
kreativitas belajar matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat efek interaksi
antara model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Think Pair Share ditinjau dari
kreativias belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangdowo | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |