Peningkatan Literasi Matematika Melalui Pembelajaran Elpsa (Experience, Languange, Pictorial, Symbolic, Application)
View/ Open
Date
2018-03Author
Nissa, Ita Chairun
Sanapiah, S
Yuntawati, Y
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ELPSA terhadap literasi
matematika siswa di salah satu SMP di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Penelitian ini merupakan
suatu eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes,
wawancara, dan dokumentasi untuk mengukur dan menginvestigasi kemampuan merumuskan
(formulate), kemampuan mengaplikasikan (employ), dan kemampuan menafsirkan (interpret).
Menggunakan t-test diperoleh nilai t hitung = 2,173, dan dengan df = 21, α = 5% diperoleh nilai
t tabel = 1,720. Karena nilai t hitung > t tabel berarti ada perbedaan hasil tes secara siginifikan
antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan temuan penelitian maka pembelajaran ELPSA
dapat dirujuk sebagai salah satu pendekatan untuk meningkatkan literasi matematika siswa.