Show simple item record

dc.contributor.authorNissa, Ita Chairun
dc.contributor.authorSanapiah, S
dc.contributor.authorYuntawati, Y
dc.date.accessioned2018-08-01T04:19:09Z
dc.date.available2018-08-01T04:19:09Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). Beck, Pam; et al. (2003). Mathematics Assessment: A practical Handbook for Grades 6-8. USA: NCTM. Budiono, C. S. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). Herman, T. (2007a). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Educationist, 1(1), 47-56. Herman, T. (2007b). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 41-62. Johar, R., & Hajar, S. (2017). Implementation of ELPSA Framework in Teaching Integral Using Technology. International Journal of Science and Applied Technology, 1(1), 15-21. Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2015). ELPSA as a lesson design framework. Journal on Mathematics Education, 6(2), 77-92. Mutohir, T. C., Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2017). The Development of a Student Survey on Attitudes towards Mathematics Teaching-Learning Processes. Journal on Mathematics Education, 9(1), 1-14. Nissa, I. C., & Kinasih, I. P. (2014). Analisis Kemampuan Problem Solving Guru Matematika SMP Berstandar PISA Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 13(3), 239-249. OECD. (2013), PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I). USA: OECD Publishing. Schleicher, Andreas. (2015). PISA Result in Focus. USA: OECD. Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Kanisius. Syahdan, S. (2017). The Effectiveness of The Implementation of Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) in Mathematics Learning Based on Bruners Theory to Class VII Students at SMPN 29 in Makassar. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 192-206.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10232
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ELPSA terhadap literasi matematika siswa di salah satu SMP di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Penelitian ini merupakan suatu eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi untuk mengukur dan menginvestigasi kemampuan merumuskan (formulate), kemampuan mengaplikasikan (employ), dan kemampuan menafsirkan (interpret). Menggunakan t-test diperoleh nilai t hitung = 2,173, dan dengan df = 21, α = 5% diperoleh nilai t tabel = 1,720. Karena nilai t hitung > t tabel berarti ada perbedaan hasil tes secara siginifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan temuan penelitian maka pembelajaran ELPSA dapat dirujuk sebagai salah satu pendekatan untuk meningkatkan literasi matematika siswa.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePeningkatan Literasi Matematika Melalui Pembelajaran Elpsa (Experience, Languange, Pictorial, Symbolic, Application)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record