dc.identifier.citation | Aryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). Beck, Pam; et al. (2003). Mathematics Assessment: A practical Handbook for Grades 6-8. USA: NCTM. Budiono, C. S. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). Herman, T. (2007a). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Educationist, 1(1), 47-56. Herman, T. (2007b). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 41-62. Johar, R., & Hajar, S. (2017). Implementation of ELPSA Framework in Teaching Integral Using Technology. International Journal of Science and Applied Technology, 1(1), 15-21. Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2015). ELPSA as a lesson design framework. Journal on Mathematics Education, 6(2), 77-92. Mutohir, T. C., Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2017). The Development of a Student Survey on Attitudes towards Mathematics Teaching-Learning Processes. Journal on Mathematics Education, 9(1), 1-14. Nissa, I. C., & Kinasih, I. P. (2014). Analisis Kemampuan Problem Solving Guru Matematika SMP Berstandar PISA Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 13(3), 239-249. OECD. (2013), PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I). USA: OECD Publishing. Schleicher, Andreas. (2015). PISA Result in Focus. USA: OECD. Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Kanisius. Syahdan, S. (2017). The Effectiveness of The Implementation of Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) in Mathematics Learning Based on Bruners Theory to Class VII Students at SMPN 29 in Makassar. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 192-206. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ELPSA terhadap literasi
matematika siswa di salah satu SMP di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Penelitian ini merupakan
suatu eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes,
wawancara, dan dokumentasi untuk mengukur dan menginvestigasi kemampuan merumuskan
(formulate), kemampuan mengaplikasikan (employ), dan kemampuan menafsirkan (interpret).
Menggunakan t-test diperoleh nilai t hitung = 2,173, dan dengan df = 21, α = 5% diperoleh nilai
t tabel = 1,720. Karena nilai t hitung > t tabel berarti ada perbedaan hasil tes secara siginifikan
antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan temuan penelitian maka pembelajaran ELPSA
dapat dirujuk sebagai salah satu pendekatan untuk meningkatkan literasi matematika siswa. | id_ID |