Implementasi Pembelajaran Peta Konsep pada Materi Sistem Bilangan Riil
View/ Open
Date
2018-03Author
Khotimah, Rita Pramujiyanti
Masduki, M
Sari, Christina Kartika
Metadata
Show full item recordAbstract
Analisis merupakan salah satu cabang penting di dalam ilmu matematika. Materi-materi yang
dipelajari di dalam analisis banyak yang saling berhubungan satu sama lain. Peta konsep adalah
salah satu strategi di dalam pembelajaran matematika yang dapat memperlihatkan hubungan antar
konsep pada suatu topik materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan
pembelajaran peta konsep pada materi perkuliahan Sistem Bilangan Riil. Jenis penelitian kualitatif,
dengan subyek penelitian adalah mahasiswa semester IVB yang menempuh mata kuliah Pengantar
Analisis Riil di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi
metode dan penyidik. Data dianalisis menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan
pembelajaran peta konsep pada perkuliahan Sistem Bilangan Riil terdiri dari langkah-langkah:
penelusuran materi, penentuan ide-ide utama dan tambahan, penyusunan peta konsep materi dan
verifikasi. Melalui pembelajaran yang berbasis peta konsep, mahasiswa lebih mudah di dalam
melakukan pembuktian-pembuktian teorema pada materi Sistem Bilangan Riil.