dc.identifier.citation | Chiou, Che-Chang. (2008). The effect of concept mapping on students’ learning achievements and interests. Innovations in Education and Teaching International, Vol. 45, No. 4, November 2008, 375–387 Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga. Khotimah, Rita P., Sari, Christina K., Masduki. 2017. Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Pengantar Analisis Real Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa. Laporan Penelitian Produk Terapan Tahun pertama. Dibiayai oleh DP2M DIKTI Kemdikbud Jakarta. Karakuyu, Yunus. (2010). The effect of concept mapping on attitude and achievement in a physics course. International Journal of the Physical Sciences, Vol. 5(6), pp. 724-737, June 2010. Novak, J.D. and Govin, D.B. (1984). Learning how to learn. Cambridge University Press. Robert G.Bartle, Donald R.Sherbert. (2011). Introduction To Real Analysis 4th Edition. Safdar, M., Hussain, A., Shah, I., Rifat, Q. (2012). Concept Maps: An Instructional Tool To Facilitate Meaningful Learning. European Journal Of Educational Research, Vol. 1, No. 1, 55-64 Serhan,D., Syam,M., AIMdallal,Q. (2014). The Effect of Using Concept Maps on Advancing Students’ Conceptual Understanding of Euler Circuit. International Journal of Mathematics Trens and Technology, Vol 15 No 1, November 2014. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Varghese, Thomas. (2009). Concept Maps to Asses Student Teacher’s Understanding of Mathematical Proof. The Mathematics Educator, Vol.12, No.1, pp. 49-68. Williams, Caroll G. (1998). Using Concept Maps to Assess Conceptual Knowledge of Function. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 29, No. 4, 414–421. | id_ID |
dc.description.abstract | Analisis merupakan salah satu cabang penting di dalam ilmu matematika. Materi-materi yang
dipelajari di dalam analisis banyak yang saling berhubungan satu sama lain. Peta konsep adalah
salah satu strategi di dalam pembelajaran matematika yang dapat memperlihatkan hubungan antar
konsep pada suatu topik materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan
pembelajaran peta konsep pada materi perkuliahan Sistem Bilangan Riil. Jenis penelitian kualitatif,
dengan subyek penelitian adalah mahasiswa semester IVB yang menempuh mata kuliah Pengantar
Analisis Riil di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi
metode dan penyidik. Data dianalisis menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan
pembelajaran peta konsep pada perkuliahan Sistem Bilangan Riil terdiri dari langkah-langkah:
penelusuran materi, penentuan ide-ide utama dan tambahan, penyusunan peta konsep materi dan
verifikasi. Melalui pembelajaran yang berbasis peta konsep, mahasiswa lebih mudah di dalam
melakukan pembuktian-pembuktian teorema pada materi Sistem Bilangan Riil. | id_ID |