Pembumian Nilai-Nilai Soft-Skill Dalam Pembelajaran Akuntansi dan Evaluasinya Pada SMK di Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Karakteristik soft-skill yang dibutuhkan oleh
dunia usaha dan dunia industri, (2) Pembumian nilai soft-skill dalam kegiatan pembelajaran dan model
penilaian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, digunakan di sekolah-sekolah kejuruan di Surakarta, ada SMK Negeri sebagai "N", SMK Swasta Islam sebagai "I", dan SMK
Swasta sebagai "S". Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dengan
dokumentasi sebagai pelengkap. Objek informasi adalah jenis-jenis soft skill yang dibutuhkan oleh dunia
usaha dan industri, serta internalisasi nilai-nilai soft skill dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian pada
sekolah kejuruan bidang ekonomi di Surakarta. Validitas data menggunakan triangulasi data dan sumber.
Analisis data dengan pendekatan interaktif yang sinergis dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) SMK di Surakarta telah secara utuh
mengadopsi jenis soft-skills yang diterapkan DU/DI, perbedaan aplikasinya terletak pada aspek
intensitasnya, di mana SMK Negeri lebih intensif dibanding SMK Swasta (2) Internalisasi nilai-nilai soft skills dalam pembelajaran akuntansi yang diselenggarakan di kedua kelompok SMK tersebut cenderung
tidak berbeda, SMK Negeri mengguakan pendekatan “integratif”, sedangkan SMK Swasta menggunakan
pendekatan “komplementatif dan integratif”, (3) Model evaluasi yang diadopsi SMK Negeri menggunakan
pendekatan authentik, sedangkan SMK Swasta secara bertahap dan berjenjang mengadopsi pendekatan
konvensional untuk selanjutnya diterapkan pendekatan authentik.