Optimalisasi Pembelajaran Hidrosfer dan Dampakya Terhadap Peserta Didik Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Masyarakat DAS Tinalah Kulonprogo
Abstract
Hidrosfer merupakan salah satu materi ajar dalam mata pelajaran Geografi yang diajarkan di
Sekolah Menengah Atas. Air tentunya menjadi bagian dari materi ini serta merupakan
sumberdaya alam yang potensial dan vital bagi manusia. Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi dasar (KD) yang terdapat pada kurikulum 2013 kelas X SMA Mengenai materi
cakupan dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Banyak dampak yang
ditimbukan dari adanya aktiviatas hidrosfer dan penggunaan lahan salah satuya ialah
terjadinya erosi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data sekunder
maupun dari penelitian terdahulu terkait penggunaan lahan mapun DAS Tinalah. Tujuan
Penelitian ini ialah dengan adanya Ketetapan dari SK dan KD diharapkan dapat menjadi
dasar dari pengoptimalan pembelajran hidrosfer kepada peserta didik dengan berdasarkan
penggunaan lahan pada masyarakat DAS Tinalah, dengan demikian diharapkan masyarakat
dapat memnfaatkan DAS dengan sebaik mungkin dan dapat dimulai dari peserta didik yang
mendapatkan pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa dengan adanya
optimalisasi pembelajaran hidrosfer akan memberikan dampak positif terhadap Daerah
Aliran Sungai Tinalah serta dapat menciptakan sistem penggunaan lahan dengan tepat
sehingga dapat menciptkakan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat
Tinalah.