• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penanaman Etika Lingkungan Sungai Pada Siswa SDN 02 Cikalang Kota Tasikmalaya (Melalui Gerakan Anak Cinta Sungai)

    Thumbnail
    View/Open
    DOWNLOAD (243.0Kb)
    Date
    2018-06
    Author
    Darmawan, Darwis
    Muhammad, Zarkasi
    Oktaviani, Elsa
    Fauziah, Ai Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penanaman etika lingkungan harus diterapkan sedini mungkin, nantinya akan menumbuhkan kesadaran, sikap dan perilaku yang arif serta bijak terhadap lingkungan. SDN 02 Cikalang berada di pinggiran sungai, proses pembelajaran yang dilakukan disekolah tersebut saat ini belum memasukkan aspek lingkungan sungai sebagai media pembelajaran. Padahal dengan memberikan stimulus kepada siswa mengenai manfaat dan kegunaan sungai bagi kehidupan, agar menimbulkan respon yang bermuara kepada etika lingkungan. Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan model pembelajaran diluar kelas “outdoor learning”. Tahapan-tahapan proses pembelajaran yaitu siswa diberi materi pendidikan etika lingkungan. Kemudian siswa dibawa ke lingkungan sungai dan diberikan penjelasan dan manfaat serta kegunaan sungai, sebagai ekspresi pemikiran siswa membuat tulisan melalui cerpen dan dideskripsikan sehingga dapat diketahui strategi penerapan etika lingkungan pada siswa tersebut. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa pada kelas 5. Proses pembelajaran diluar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sungai memberikan stimulus kepada siswa mengenai etika lingkungan yaitu menumbuhkan dan membangun hubungan manusia dengan lingkungan dengan memiliki rasa tanggung jawab, menghormati lngkungan serta solidaritas untuk generasi selanjutnya. Hal ini tercermin dari sikap dan perilaku siswa dalam memperlakukan lingkungan, yang paling mendasar siswa tidak lagi membuang sampah ke sungai. Lingkungan sungai dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan pendidikan dalam penerapan etika lingkungan, dengan memberikan stimulus yang baik sesuai dengan karakter siswa. Proses pembelajaran etika lingkungan sejak dini dapat memberikan pesan dan kesan dalam pembentukan karakter memperlakukan lingkungan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10374
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV