Show simple item record

dc.contributor.authorDarmawan, Darwis
dc.contributor.authorMuhammad, Zarkasi
dc.contributor.authorOktaviani, Elsa
dc.contributor.authorFauziah, Ai Nurul
dc.date.accessioned2018-09-27T02:48:35Z
dc.date.available2018-09-27T02:48:35Z
dc.date.issued2018-06
dc.identifier.isbn978-602-361-137-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10374
dc.description.abstractPenanaman etika lingkungan harus diterapkan sedini mungkin, nantinya akan menumbuhkan kesadaran, sikap dan perilaku yang arif serta bijak terhadap lingkungan. SDN 02 Cikalang berada di pinggiran sungai, proses pembelajaran yang dilakukan disekolah tersebut saat ini belum memasukkan aspek lingkungan sungai sebagai media pembelajaran. Padahal dengan memberikan stimulus kepada siswa mengenai manfaat dan kegunaan sungai bagi kehidupan, agar menimbulkan respon yang bermuara kepada etika lingkungan. Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan model pembelajaran diluar kelas “outdoor learning”. Tahapan-tahapan proses pembelajaran yaitu siswa diberi materi pendidikan etika lingkungan. Kemudian siswa dibawa ke lingkungan sungai dan diberikan penjelasan dan manfaat serta kegunaan sungai, sebagai ekspresi pemikiran siswa membuat tulisan melalui cerpen dan dideskripsikan sehingga dapat diketahui strategi penerapan etika lingkungan pada siswa tersebut. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa pada kelas 5. Proses pembelajaran diluar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sungai memberikan stimulus kepada siswa mengenai etika lingkungan yaitu menumbuhkan dan membangun hubungan manusia dengan lingkungan dengan memiliki rasa tanggung jawab, menghormati lngkungan serta solidaritas untuk generasi selanjutnya. Hal ini tercermin dari sikap dan perilaku siswa dalam memperlakukan lingkungan, yang paling mendasar siswa tidak lagi membuang sampah ke sungai. Lingkungan sungai dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan pendidikan dalam penerapan etika lingkungan, dengan memberikan stimulus yang baik sesuai dengan karakter siswa. Proses pembelajaran etika lingkungan sejak dini dapat memberikan pesan dan kesan dalam pembentukan karakter memperlakukan lingkungan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018id_ID
dc.titlePenanaman Etika Lingkungan Sungai Pada Siswa SDN 02 Cikalang Kota Tasikmalaya (Melalui Gerakan Anak Cinta Sungai)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record