Show simple item record

dc.contributor.authorFathimah, Aprilia Euis
dc.contributor.authorAgustina, Elfika
dc.contributor.authorSaputri, Rindu Ditiana
dc.contributor.authorFauziya, Syifa
dc.date.accessioned2018-09-27T03:05:43Z
dc.date.available2018-09-27T03:05:43Z
dc.date.issued2018-06
dc.identifier.isbn978-602-361-137-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10376
dc.description.abstractKerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Ishak dkk pada tahun 2016 menyatakan terdapat 458 DAS di Indonesia, 60 diantaranya dalam kondisi kritis berat, 222 dalam kondisi kritis, dan 176 lainnya berpotensi kritis. Hal ini diakibatkan oleh adanya alih fungsi lahan sehingga membuat DAS tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal. Upaya restorasi perlu dilakukan oleh semua pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Bidang pendidikan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya tersebut, karena pendidikan dapat mencetak generasi muda yang peduli dengan lingkungan khususnya kerusakan DAS di Indonesia melalui materi hidrologi. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologi pada siswa (Hamdani, 2011). Makalah ini menyajikan rancangan (prototype)terkait dengan media pembelajaran berbasis Spatial Knowledge Competency dalam materi hidrologi khusunya pengelolaan DAS. Tujuannya yaitu membentuk karakter peduli sungai pada peserta didik melalui media pembelajaran berbasis Spatial Knowledge Competency. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, antara lain: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahapan yang dicapai dalam makalah ini yaitu tahap kedua atau tahap perancangan media ajar. Media pembelajaran berupa peta tematik tentang DAS dan lembar kerja untuk peserta didik. Peta tematik DAS dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara spasial atau keruangan mengenai materi yang disampaiakan kepada peserta didik. Lembar kerja dibutuhkan guna membantu peserta didik dalam memahami kondisi daerah aliran sungai. Setelah mempelajari materi hidrologi khusunya pengelolaan DAS dengan media ajar tersebut, diharapkan peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dan memiliki karakter peduli sungai serta terdorong untuk melakukan upaya restorasi sungai di daerah sekitarnya.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Geografi UMS IX 2018id_ID
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Spatial Knowledge Competency Dalam Materi Hidrologiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record