Pengembangan Video Sex Education untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video sex education untuk menstimulasi
kemampuan sosial dan emosional anak usia dini. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model Borg and Gall (2007) yang terdiri sepuluh langkah. (1) Asses Needs To
Identity Goal, (2) Conduct Instructional Analysis, (3) Analyze Learners And Context, (4) Write
Performance Objectives, (5) Develop Assessment Instrument, (6) Develop Instructional Strategy, (7)
Develop And Select Instructional Materials , (8) Design And Conduct Formative Evaluation Of
Instruction, (9) Revise Instruction, (10) Design And Conduct Summative Evaluation. Desain uji coba
produk dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu (a) validasi ahli, (b) uji coba kelompok kecil, (c)
uji coba kelompok besar. Hasil uji coba selanjutnya diuji dengan Uji t yaitu untuk mengetahui
peningkatan kemampuan kemampuan sosial dan emosionalanak usia dini dari hasil belajar antara
memakai media dengan tidak memakai media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video sex
education dapat menstimulasi kemampuan sosial dan emosional anak. Dari hasil analisis data
memperoleh memperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat
dikatakan adanya perbedaan pada rata-rata perlakuan sebelum dan sesudah dan rata-rata skor
perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan pada proses pembelajaran sex education dengan
menggunakan video yang telah dikembangkan.