Tari Cublak-Cublak Suweng sebagai Media Penanaman Karakter bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang
View/ Open
Date
2018-12Author
Arisyanto, Prasena
Untari, Mei Fita Asri
Sundari, Riris Setyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran tari di sekolah bukan hanya dimanfaatkan mengikuti lomba atau untuk pementasan
jika sekolah mengadakan suatu acara. Menggunakan seni sebagai media pendidikan karakter merupakan
salah satu tujuan pendidikan seni di sekolah. Melalui pendidikan seni, berbagai kemampuan dasar manusia
seperti fisik, perseptual, pikir, emosional, kreativitas, sosial, dan estetika dapat dikembangkan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis tari cublak-cublak suweng dalam pendidikan karakter di SD N Gayamsari 02.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari di sekolah mampu untuk mengembangkan bakat dan
minat anak dalam bidang tari. Melalui tari siswa juga diajarkan untuk mengenal permainan tradisional anak.
Tari juga dapat dijadikan media pembentukan karakter melalui materi tari yang dipelajari dan proses
pembelajaran yang dilaksanakan. Siswa dilatih untuk mampu bekerjasama, percaya diri, aktif, dan mencintai
budayanya sendiri melalui pembelajaran tari. Ketrampilan menari dalam hal ini bukanlah tujuan utama
pembelajaran tari. Pengembangan karakter, emosi, kecerdasan sosial anak menjadi tujuan utama.
Ketrampilan seni adalah efek ikutan dari pendidikan seni.