dc.contributor.author | Azhar, Chusnul | |
dc.contributor.author | Aristyasari, Yunita Furi | |
dc.date.accessioned | 2019-01-30T02:04:19Z | |
dc.date.available | 2019-01-30T02:04:19Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Iqbal, Abu Muhammad.(2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lexy J. Moleong, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. LPPI.(2017). Data Placement Test Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018. Yogyakarta: LPPI. LPPI.(2017).Modul Pembelajaran Al-Qur’an Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 10 Jam Belajar Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: LPPI. LPPI.(2017). Panduan Pembudayaan Tadarus Al-Qur’an. Yogyakarta: LPPI. Sophyia, Ida Vera dan Saiful Mujib.(2014). Dalam Jurnal Elementary Vol. 2 No. 2. Edisi Juli- Desember. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-188-1 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10591 | |
dc.description.abstract | Kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar adalah
sebuah hal yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.Namun, realitasnya tidak semua
mahasiswa mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar
sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid. Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam
(LPPI) memiliki program bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA)
pada semester pertama dan kedua bagi seluruh mahasiswa baru
UMY yang belum mendapatkan syahadah dengan nilai A dalam
membaca al-Qur’an. Program pembelajaran al-Qur’an ini adalah
salah satu rangkaian dari beberapa program pengembangan
karakter mahasiswa UMY melalui pendidikan Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan (AIK). Dalam pembelajaran al-Qur’an ini,
LPPI menerapkan metode dengan menggunakan modul 10 Jam
Belajar Membaca al-Qur’an yang disusun oleh Prof. Dr. Muhammad
Chirzin, M.Ag. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji efektifitas
belajar membaca al-Qur’an dengan metode 10 Jam Belajar
Membaca Al-Qur’an pada mahasiswa baru Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 pada aspek
kemampuan membaca al-Qur’an secara tartil setelah melalui proses
pembelajaran. Selama ini penelitian mengenai efektivitas
pembelajaran al-Qur’an dengan metode 10 Jam Belajar Membaca
al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta belum
dilakukan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumenter sebagai
alat pengumpulan data. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.subject | Pembelajaran al-Qur'an | id_ID |
dc.subject | Metode 10 Jam Belajar Membaca al-Qur'an | id_ID |
dc.title | Efektifitas Belajar Membaca Al-Qur'an dengan Metode 10 Jam Belajar Al-Qur'an pada Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |