dc.contributor.author | Nisa', Mir'atun | |
dc.date.accessioned | 2019-01-30T02:06:46Z | |
dc.date.available | 2019-01-30T02:06:46Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Arifin, S. (2015). Rekonstruksi Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. Edukasi, Vol.13.No.2.p.(209) Elihami. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas A PGSD Di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Safina.Vol.1.No.2. p.1 Faridi. (2010). Persepsi Mahasiswa Terhadap Matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) : Internalisasi Nilai-Nilai AIK Bagi Mahasiswa. Progresiva.Vol.4.No.1. p.67. Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY. (2017). Dokumen Kurikulum al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: LPPI UMY. Lunenberg, F.C. (2011). Expectancy Theory of Motivation: Motivating by Altering Expectations. International Journal of Management, Business, And Administration. Vol. 15, No. 1. p.(2:4) Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2013). Buku Pedoman Pendidikan al- Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.. Nuryana, Z. (2018). Revitalisasi Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Pada Perguruan Muhammadiyah. Tamaddun. Diakses pada 5 November 2018. www.researchgate.net/publication/322730525 Parijat, P. Bagga, S. (2014). Victor Vroom’s Expectancy Theory of Motivation-An Evaluation. International Research Journal of Business and Management. Vol. No.VII. p. 3 Vroom, V. H. (1964). Work and Motivation. San Francisco: Jossey-Bass Publisher.p.(21:17) ___________. (2005). On The Origins Of Expectancy Theory. In Ken G. Smith & Michael A.Hitt (Ed.). Great Minds In Management: The Process Of Theory Development. New York: Oxford University Press. p.239. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-188-1 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10592 | |
dc.description.abstract | Salah satu kelemahan pembelajaran al-Islam dan
Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah terletak
pada konten materi pembelajaran. Materi pembelajaran seringkali
masih terkesan idealis, tidak realistis dan praksis sesuai kebutuhan
mahasiswa. Berdasar hal tersebut, tulisan ini bertujuan mengungkap
ekspektasi atau harapan mahasiswa terhadap matakuliah al-Islam
dan Kemuhammadiyahan yang dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan dalam perumusan kurikulum AIK III. Metode yang
digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif eksploratif. Sumber
data diambil dari hasil wawancara tertulis dengan mahasiswa
FISIPOL jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta. Data dianalisis dengan menggunakan teori expectancy
Victor H. Vroom yang terdiri dari tiga elemen yaitu ekspektasi,
instrumentality dan valensi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa
harapan mahasiswa terhadap matakuliah AIK III adalah menambah
pengetahuan dan wawasan tentang agama, mengikuti proses
perkuliahan dengan baik, memahami materi perkuliahan,
pembelajaran yang santai, tidak kaku dan tidak membosankan,
menerapkan ilmu dalam kehidupan, penjelasan yang mudah
dipahami dan diingat, memenuhi kehadiran, memperbaiki akhlaq dan
mampu membedakan hal baik dan buruk. Hasil analisa data
menunjukkan bahwa harapan mahasiswa terhadap matakuliah AIK
III adalah terkait dengan probabilitas mahasiswa terhadap upaya
mereka akan dapat mencapai harapan dan mewujudkannya dalam
suatu kinerja atau perilaku atau tidak. Dosen dalam hal ini berperan
meningkatkan keyakinan mahasiswa untuk dapat mewujudkan upaya
menuju kinerja dan perilaku. Selain itu dosen juga meningkatkan
kepercayaan mahasiswa bahwa kinerja mereka akan mendapat
penghargaan tertentu dan memastikan bahwa penghargaan tersebut
sesuai dengan keinginan mahasiswa. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.subject | Al-Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.subject | ekspektasi | id_ID |
dc.subject | mahasiswa | id_ID |
dc.subject | kurikulum | id_ID |
dc.subject | pembelajaran | id_ID |
dc.title | Ekspektasi Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |