Pendekatan Teori Sistem dalam Perkuliahan Kemuhammadiyahan
Abstract
Mata kuliah Kemuhammadiyahan dalam nomenklatur
kurikulum AIK yang dikeluarkan Majelis Pendidikan Tinggi PP
Muhammadiyah tahun 2013 disebut mata kuliah AIK III.
Tujuan pendidikan AIK III adalah membentuk sarjana muslim
sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah yang mampu
beramar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Sebagai mata kuliah dalam tataran pelaksanaannya
memerlukan proses pembelajaran melalui pengembangan
model atau metode pendekatan pembelajaran yang
berorientasi pada pemaknaan nilai-nilai AIK secara utuh.
Penelitian ini ingin mengembangkan salah satu pendekatan
perkuliahan Kemuhammadiyahan dengan menggunakan
pendekatan teori sistem. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian analisis konsep (pustaka) dengan metode
analisis kualitatif interpretatif. Berdasar penelitian ini
ditemukan bahwa pendekatan teori sistem dapat membantu
dalam pemahaman nilai-nilai Muhammadiyah yang
menyeluruh dan memiliki keterkaitan antar unsur-unsur atau
bagian-bagian dari berbagai konsep sehingga dapat menuntun
pada pengamalan nilai-nilai Muhammadiyah dalam kehidupan
lebih luas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa
pembelajaran materi Matan Keyakinan dan Cita-Cita
Muhammadiyah (MKCH), Muqoddimah Anggaran Dasar
Muhammadiyah (MADM), dan Kepribadian Muhammadiyah
dapat dilaksanakan melalui pendekatan teori sistem, sehingga
membantu mahasiswa memahami materi tersebut secara
utuh/komprehensif, mudah, cepat dan tepat.