Show simple item record

dc.contributor.authorSetyawan, Aris
dc.contributor.authorWantini, W
dc.date.accessioned2019-01-30T02:44:54Z
dc.date.available2019-01-30T02:44:54Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationAmram, Y. 2007. The seven dimensions of spiritual intelligence: An ecumenical, grounded theory. Paper presented at the 115th Annual Conference of the American Psychological Association, San Francisco, CA. Amram, Y., & Dryer, C. 2007. The development and preliminary validation of the Integrated Spiritual Intelligence Scale (ISIS). Unpublished manuscript Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia Efendi, A., 2005, Revolusi Kecerdasan Abad 21, Krtik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ, Bandung: Alfabeta Hendratman, Hendi. 2012. The Magic of 3D Studio Max. Bandung. Informatika Bandung Karim, Muhammad. 2009. Pendidikan Kritis Informatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Mufarokah, Anissatul. 2009. Setrategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Teras Munir, 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press Rasjid, Sulaiman. 2012. Fiqih Islam. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Sanjaya, Wina. 2007. Setrategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Santoso, S., 2001, SPSS Versi 10, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Jakarta: Media Komputindo Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya Zohar, M., & Marshall, I., 2000, Spiritual Intelligence, The Ultimate Intelligence, London: Blumsburry Publishing, Inc www.allsubjectjournal.comid_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-188-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10603
dc.description.abstractPendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak hanya memberikan ilmu secara teori, namun perlu pengamalan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga dengan ibadah haji tidak hanya teori di sekolah untuk memenuhi target kurikulum, namun diharapkan dapat mengamalkannya secara benar sesuai tuntunan. Salah satu materi pelajaran agama Islam adalah ibadah haji. Ibadah haji yang merupakan rangkaian kegiatan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap jamaah haji yang harus dilaksanakan sehingga jamaah haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ritual dalam ibadah dan menggapai haji mabrur. Dalam praktiknya ada berbagai masalah yang dihadapi seperti tidak semua jamaah haji mendapatkan layanan pembinaan, pelayanan dan perlindungan secara memadai, karena beragam kelemahan dalam penyelenggaraan ibadah haji. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan media pembelajaran yang berupa video 3D dalam materi tata cara ibadah haji pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah untuk meningkatkan spiritual intelegence. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, instrument pengembangan model dan instrument untuk mengukur efektifitasnya. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan adanya inovasi pembelajaran simulasi ibadah haji dengan virtual reality dapat meningkatkan sepiritual intelegence. memahamkan pelaksanaan ibadah haji yang benar dan salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan-permasalahan dalam ibadah haji.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectvirtual realityid_ID
dc.subjectsimulasi hajiid_ID
dc.subjectspiritual intelegenceid_ID
dc.titlePengembangan Media 3D Praktik Simulasi Haji untuk Meningkatkan Spiritual Intelegenceid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record