dc.identifier.citation | Amram, Y. 2007. The seven dimensions of spiritual intelligence: An ecumenical, grounded theory. Paper presented at the 115th Annual Conference of the American Psychological Association, San Francisco, CA. Amram, Y., & Dryer, C. 2007. The development and preliminary validation of the Integrated Spiritual Intelligence Scale (ISIS). Unpublished manuscript Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia Efendi, A., 2005, Revolusi Kecerdasan Abad 21, Krtik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ, Bandung: Alfabeta Hendratman, Hendi. 2012. The Magic of 3D Studio Max. Bandung. Informatika Bandung Karim, Muhammad. 2009. Pendidikan Kritis Informatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Mufarokah, Anissatul. 2009. Setrategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Teras Munir, 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press Rasjid, Sulaiman. 2012. Fiqih Islam. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Sanjaya, Wina. 2007. Setrategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Santoso, S., 2001, SPSS Versi 10, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Jakarta: Media Komputindo Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya Zohar, M., & Marshall, I., 2000, Spiritual Intelligence, The Ultimate Intelligence, London: Blumsburry Publishing, Inc www.allsubjectjournal.com | id_ID |
dc.description.abstract | Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak
hanya memberikan ilmu secara teori, namun perlu pengamalan yang nyata
dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga dengan ibadah haji tidak
hanya teori di sekolah untuk memenuhi target kurikulum, namun diharapkan
dapat mengamalkannya secara benar sesuai tuntunan. Salah satu materi
pelajaran agama Islam adalah ibadah haji. Ibadah haji yang merupakan
rangkaian kegiatan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap
jamaah haji yang harus dilaksanakan sehingga jamaah haji dapat
melaksanakan seluruh rangkaian ritual dalam ibadah dan menggapai haji
mabrur. Dalam praktiknya ada berbagai masalah yang dihadapi seperti
tidak semua jamaah haji mendapatkan layanan pembinaan, pelayanan dan
perlindungan secara memadai, karena beragam kelemahan dalam
penyelenggaraan ibadah haji. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan
media pembelajaran yang berupa video 3D dalam materi tata cara ibadah
haji pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah untuk meningkatkan spiritual
intelegence. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengacu pada
model pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, angket, instrument pengembangan model dan
instrument untuk mengukur efektifitasnya. Teknik analisis data meliputi
analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
dengan adanya inovasi pembelajaran simulasi ibadah haji dengan virtual
reality dapat meningkatkan sepiritual intelegence. memahamkan
pelaksanaan ibadah haji yang benar dan salah satu solusi untuk
mengurangi permasalahan-permasalahan dalam ibadah haji. | id_ID |